PLN UIP KLT Terus Dukung Pembangunan IKN. Targetkan Siap Dukung Upacara HUT RI 2024

Raja Muda Siregar, selaku General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) menegaskan, pihaknya terus memperkuat komitmen guna mendukung pembangunan IKN Nusantara. “Bentuk nyata kami (PLN UIP KLT) tengah membangun beberapa proyek. Mulai dari GI 150 kV Kariangau hingga SKTT pertama di Kaltim,” katanya.

PLN UIP KLT Terus Dukung Pembangunan IKN.  Targetkan Siap Dukung Upacara HUT RI 2024
Saat ini, PLN juga sedang membangun banyak proyek untuk kelistrikan yang salah satunya mencakup energi hijau yang akan dipakai yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) tekun dalam mewujudkan pembangunan kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satu target PLN tersebut ialah menjamin ketersediaan pasokan listrik saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengadakan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 sia tahun 2024 di IKN Nusantara. Keputusan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat perayaan Hari Kemerdekaan RI pada bulan Agustus lalu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Perseroan terus memperkuat persiapannya melalui beragam pembangunan, salah satunya berupa pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV Kariangau Ext Arah GIS 4 IKN'', SUTT 150 kV Kariangau Landing Point GIS 4 IKN'', dan GIS 4 IKN''. Selain itu, PLN juga melakukan pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) pertama di Kalimantan Timur.

Raja Muda Siregar, selaku General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) menegaskan, pihaknya terus memperkuat komitmen guna mendukung pembangunan IKN Nusantara.

“Bentuk nyata kami (PLN UIP KLT) tengah membangun beberapa proyek. Mulai dari GI 150 kV Kariangau hingga SKTT pertama di Kaltim,” katanya.

Raja Muda Siregar juga menargetkan agar pembangunan dapat sesuai dengan rencana dan selesai pada bulan Mei tahun depan. Menurutnya, hal tersebut sangat krusial mengingat PLN UIP KLT akan mensupport perayaan Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara pada tahun depan.

PLN berharap pembangunan infrastruktur listrik yang mereka bangun ini dapat mendukung agenda besar tersebut. Ia menegaskan pihaknya terus memantau dan mengawasi progres pembangunan dengan harapan yang terbaik untuk IKN Nusantara.

Untuk memberikan informasi terkait perkembangan pembangunan ini, hingga pertengahan bulan Desember ini, Persentase yang telah selesai dikerjakan adalah 45,10 persen untuk Gardu Induk (GI) Kariangau Ext 2 LB, 14,3 persen untuk pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), dan 8,8 persen untuk Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) di Kariangau GIS 4 IKN.

“Tentu kami optimis bisa merampungkan dan mendukung kelancaran upacara bendera HUT RI di IKN Nusantara,” terangnya.

Raja Muda Siregar, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT), menyatakan bahwa pihaknya tengah melaksanakan tugas yang telah diberikan. Oleh karena itu, ia membutuhkan dukungan dari semua pihak agar pekerjaan dapat selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Selain Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV landing point GIS 4 IKN - GIS 4 IKN, PLN UIP KLT juga mendapat penugasan untuk membangun Gardu Induk (GI) 150 kV Kariangau Ext Arah GIS 4 IKN, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kariangau Landing Point GIS 4 IKN, dan GIS 4 IKN. Menurut Raja, proyek-proyek tersebut menjadi bagian penting dari sistem jaringan transmisi yang membentang dari Kalsel, Kalteng, Kaltim (Kalseltengtim), termasuk IKN.

Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan mengatakan bahwa saat Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, ia berharap pasokan listrik di IKN Nusantara dapat optimal. Saat ini, PLN juga sedang membangun banyak proyek untuk kelistrikan yang salah satunya mencakup energi hijau yang akan dipakai yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), seperti yang disampaikannya dalam seminar daring pada bulan November lalu.

Agus Gunawan menyatakan bahwa pembangunan kelistrikan IKN merupakan pekerjaan yang memiliki prioritas tinggi, sehingga target pelaksanaannya tercantum dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Ibu Kota Negara dan Peraturan Presiden (Perpres) 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN.