Pertama Kali Amerika Serikat Berikan Bantuan Bagi Warga Gaza

Amerika Serikat dan angkatan udara Yordania mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui penerjunan udara menggunakan pesawat militer C-130 pada Sabtu (2/3/2024). Lebih dari 38.000 paket makanan dikirimkan untuk memberikan bantuan penting kepada warga yang terkena dampak konflik. AS telah mengerahkan tiga pesawat militer sebagai tahap awal dari bantuan kemanusiaan darurat, yang disetujui oleh Presiden Joe Biden setelah lebih dari 100 warga Palestina meninggal akibat insiden dengan pasukan Israel. 

Pertama Kali Amerika Serikat Berikan Bantuan Bagi Warga Gaza

balikpapantv.co.id-Amerika Serikat pada hari Sabtu (2/3/2024) meluncurkan bantuan pertama untuk masyarakat Gaza. Mereka memobilisasi pesawat militer Hercules C-130 untuk mengirimkan 38.000 paket makanan melalui penerjunan dari udara. Amerika Serikat juga berkolaborasi dengan angkatan udara Yordania dalam mengirimkan bantuan tersebut.

“Komando Pusat AS dan Angkatan Udara Kerajaan Yordania melakukan gabungan serangan udara bantuan kemanusiaan ke Gaza pada tanggal 2 Maret 2024, antara pukul 15.00 dan 17.00 (waktu Gaza) untuk memberikan bantuan penting kepada warga sipil yang terkena dampak konflik yang sedang berlangsung,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Anadolu Ajansi.

AS mengerahkan tiga pesawat militer C-130 untuk mengirim bantuan ke Gaza Utara. Ini adalah tahap awal dari bantuan kemanusiaan darurat yang disetujui oleh Presiden Joe Biden setelah lebih dari 100 warga Palestina tewas saat berusaha mengambil bantuan dari konvoi dan ditembak oleh pasukan Israel. 

Pada Sabtu sore (2/3) waktu Gaza, tiga pesawat Angkatan Udara AS melepas 66 paket yang berisi sekitar 38.000 porsi makanan ke Gaza. Amerika Serikat berencana untuk mengirimkan lebih banyak bantuan melalui udara setelah ini.