Demi Jaga Kebersihan Lingkungan, Lurah Klandasan Ilir Ajak Warga Peduli dan Kelola Sampah

Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota mengadakan rapat koordinasi RT guna meningkatkan kesadaran warga dalam mengelola sampah demi mencapai lingkungan yang bersih dan sehat. Lurah Klandasan Ilir, Andi Arief Hidayatullah, menjelaskan bahwa pada tahun 2024 akan dibentuk satgas kebersihan di beberapa RT dan didukung dengan pengadaan kelengkapan, pelatihan khusus, dan gerobak sampah untuk menangani persoalan sampah.

Demi Jaga Kebersihan Lingkungan, Lurah Klandasan Ilir Ajak Warga Peduli dan Kelola Sampah

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- Untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat di lingkungan RT, Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota mengadakan rapat koordinasi RT guna meningkatkan kesadaran warga dalam mengelola sampah lingkungan. Acara ini dihadiri oleh narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Ketua PPS Klandasan Ilir, dan ketua Karang Taruna pada Selasa (6/2) di aula kantor kelurahan. 

Lurah Klandasan Ilir, Andi Arief Hidayatullah, menjelaskan bahwa sesuai program kerja pada tahun 2024, akan dibentuk satgas kebersihan di beberapa RT untuk mengatasi permasalahan sampah, dan akan didukung dengan pengadaan kelengkapan satgas dalam menjalankan tugas.

"Seperti pengadaan gerobak sampah serta seragam satgas dan pelatihan khusus bagi anggota dalam pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat," ucapnya.

Untuk mengatasi persoalan sampah dan mendapatkan profit ekonomi dari sampah, kelompok keswadayaan masyarakat akan dibentuk di tingkat kelurahan dengan orientasi kegiatan pengelolaan sampah. Semua warga di lingkungan RT memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sampah, bukan hanya pengurus RT. 

Pengelolaan sampah yang teratur dan terintegrasi dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan sekitar. Terbentuknya petugas khusus untuk mengangkut sampah dari rumah ke rumah diharapkan dapat membuat pengelolaan sampah di masing-masing RT lebih tertib dan mandiri.

"Dengan swadaya masyarakat dalam operasional kegiatan, sampah yang dikumpulkan dari warga, dengan pengelolaan yang baik dapat bernilai ekonomi, dan mengurangi volume sampah yang dibuang di TPS," ungkapnya.

Selain membahas persiapan pengelolaan sampah, dalam rapat koordinasi RT tersebut, Lurah Klandasan Ilir juga membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum yang semakin dekat. Beliau menekankan pentingnya keamanan 63 tempat pemungutan suara (TPS) di Klandasan Ilir, terutama menghadapi cuaca yang ekstrem, dan meminta para ketua RT untuk memastikan bahwa TPS tersebut dalam keadaan aman dan baik.