Bukan Kampus,Tapi Pusat Riset Yang Akan Dibangun Stanford University di IKN

Menurut Bambang Susantono, Stanford University akan membangun pusat riset di IKN, bukan kampus universitasnya. Pembangunan pusat riset akan dimulai dan melibatkan para alumni Stanford. Aktivitas riset yang akan dilakukan berkaitan dengan pengelolaan air, pembangunan wilayah perkotaan berkelanjutan, robotik, dan berbagai tema penelitian lainnya. Stanford sudah menandatangani Memorandum of Understanding dengan Otorita IKN dan akan menggunakan lahan seluas tiga hektare untuk membangun pusat riset.

Bukan Kampus,Tapi Pusat Riset Yang Akan Dibangun Stanford University di IKN

balikpapantv.co.id- Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, memberikan klarifikasi terkait kabar bahwa Stanford University akan membangun kampus di IKN. Menurut Bambang, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar. Ia menjelaskan bahwa Stanford akan membangun pusat riset di IKN, bukan kampus universitasnya.

"Jadi Stanford sudah berproses cukup lama, dari September pada waktu dekannya dateng ke kita mereka memberikan satu (kabar) ingin membangun. Kemudian pada waktu kunjungan presiden ke Stanford," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3). 

Menurut Bambang Susantono, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Stanford University hanya akan membangun pusat riset di lokasi tersebut, bukan kampus universitas. Pembangunan pusat riset akan dimulai secepat mungkin dan akan melibatkan para alumni Stanford. 

Setelah pusat riset selesai dibangun, aktivitas riset yang dilakukan oleh Stanford akan berkaitan dengan pengelolaan air, pembangunan wilayah perkotaan berkelanjutan, robotik, dan berbagai tema penelitian lainnya. 

Sebelumnya, Stanford telah menandatangani Memorandum of Understanding dengan Otorita IKN dan akan menggunakan lahan seluas tiga hektare untuk membangun pusat riset.