BMKG Imbau Warga Pesisir Balikpapan untuk Waspada Pasang Laut hingga 10 Maret

BMKG Stasiun Balikpapan telah memberikan peringatan kepada warga pesisir di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mewaspadai pasang laut setinggi 2.7 meter yang akan terjadi pada periode 1 - 10 Maret 2024, dengan pasang tertinggi diperkirakan terjadi pada 10 Maret dengan ketinggian 2.7 meter pada pukul 19.00 WITA.

BMKG Imbau Warga Pesisir Balikpapan untuk Waspada Pasang Laut hingga 10 Maret

balikpapantv.co.id- BMKG Stasiun Balikpapan meminta warga pesisir Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mewaspadai dampak pasang laut setinggi 2,7 meter yang akan terjadi dari 1 hingga 10 Maret. Pasang laut ini dapat mengganggu petambak dan aktivitas lainnya, menurut BMKG.

"Berdasarkan prakiraan pasang surut perairan Balikpapan periode 1-10 Maret 2024, pasang tertinggi diperkirakan terjadi pada 10 Maret dengan ketinggian 2,7 meter pada pukul 19.00 WITA," ujar Kepala BMKG Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Kukuh Rubidiyanto di Balikpapan, dilansir Antara Jumat.

Banyak warga di perairan Balikpapan dan sekitarnya, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Paser, memiliki tambak untuk budi daya kepiting, udang, dan jenis perikanan laut lainnya.

Kondisi pasang tinggi dapat membuat air laut meluap ke tambak warga di Balikpapan dan sekitarnya, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Paser, membahayakan piaraan ikan, udang, dan kepiting yang dipelihara oleh petambak. 

Pasang laut ini juga dapat mengganggu bongkar muat di pelabuhan, aktivitas warga di pesisir, dan bahkan dapat mengakibatkan banjir di pemukiman dekat pantai. Oleh karena itu, petambak dan warga di daerah pesisir di sejumlah wilayah di Kaltim, termasuk di perairan Muara Sungai Berau dan Pulau Nubi serta Muara Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. 

BMKG memperkirakan pasang laut tertinggi akan terjadi pada 10 Maret 2024, dengan ketinggian 2.7 meter pada pukul yang berbeda-beda, tergantung lokasi. Sedangkan, prakiraan surut terendah diperkirakan setinggi 0,2 meter hingga 0,4 meter pada berbagai waktu dari 1 hingga 10 Maret 2024.