Tingkatkan Budaya K3, PLN UIP KLT Pastikan Aktivitas Ketenagalistrikan Yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) dan unit pelaksana di bawahnya memperingati Bulan K3 Nasional dengan kegiatan untuk meningkatkan budaya K3 para insan PLN dan mitra PLN dalam penyediaan dan distribusi tenaga listrik. Kegiatannya termasuk pencanangan komitmen pencapaian Zero Accident, sosialisasi dan edukasi K3, serta donor darah dari beberapa mitra dan stakeholder. 

Tingkatkan Budaya K3, PLN UIP KLT Pastikan Aktivitas Ketenagalistrikan Yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) dan unit pelaksana di bawahnya memperingati Bulan K3 Nasional dari 12 Januari hingga 12 Februari 2024 dengan beberapa kegiatan untuk menciptakan kondisi lingkungan dan aktivitas yang aman, sehat, selamat, dan berkelanjutan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan budaya K3 untuk para insan PLN dan mitra PLN dalam melakukan aktivitas penyediaan dan distribusi tenaga listrik.

 Salah satu bagian dari kegiatan ini adalah pencanangan komitmen pencapaian Zero Accident oleh Manajemen dan Mitra Kerja, sosialisasi dan edukasi K3, serta donor darah melalui beberapa mitra dan stakeholder seperti PMI untuk donor darah, Rumah Sakit dan Persagi Balikpapan untuk Program Wellbeing, dan BPBD untuk program simulasi kebakaran dan refreshment alat proteksi kebakaran. 

Raja Muda Siregar, General Manager PLN UIP KLT, menghimbau kepada seluruh insan PLN dan Mitra Kerja untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap budaya K3 dalam melakukan aktivitas penyediaan dan distribusi tenaga listrik untuk mewujudkan Zero Accident dan meningkatkan produktivitas kerja.

“Salah satu keberhasilan implementasi budaya K3 yang dicapai PLN UIP KLT yaitu nihil kecelakaan kerja sesuai dengan Surat dari BPJS Ketenagakerjaan dengan total jumlah jam kerja aman terpanjang sampai dengan Desember 2023 mencapai 5.025.531,” tambah Raja.

Implementasi budaya K3 di Indonesia dapat menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup, dan indeks pembangunan manusia. Keberhasilan penerapan budaya K3 akan sangat menunjang pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, serta peningkatan daya saing nasional di era global.

 Indonesia telah membuat komitmen yang kuat untuk mewujudkan pekerjaan layak dan memastikan persoalan ketenagakerjaan dan tenaga kerja dimasukkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat internasional.

“Sejalan dengan harapan nasional dalam implementasi budaya K3 yang berkelanjutan, PLN UIP KLT yang memiliki proses bisnis dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan juga rutin melakukan inspeksi K3 di setiap proyek. Memastikan seluruh aspek K3 dipenuhi oleh Pengawas Pekerjaan dan juga Mitra Kerja. Teguran dan peringatan akan diberikan kepada pihak yang kurang mematuhi aspek K3, sehingga menjamin bahwa persoalan ketenagakerjaanan yang bersinggungan dengan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan telah memenuhi aturan yang berlaku,” tambah Raja.

PLN berkomitmen akan mengimplementasikan dan meningkatkan pelaksanaan budaya K3 agar pelaksanaan penyediaan tenaga listrik bagi seluruh masyarakat dapat berjalan dengan aman, selamat dan berkelanjutan.