Tol di IKN akan menerapkan teknologi pengisian daya mobil listrik saat berkendara.

Menurut Kementerian PUPR, Tol IKN memiliki kemampuan untuk mengisi baterai mobil listrik saat berlalu lintas. Danis Sumadilaga, Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, menyatakan bahwa teknologi pengisian mobil listrik di jalan tol saat ini sedang dalam tahap pengembangan yang bertahap. Jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang membentang dari Balikpapan hingga KIPP IKN di Penajam Paser Utara. Pohon-pohon endemik Kalimantan ditanam sepanjang jalan tol sesuai dengan prinsip kota hutan dan pintar IKN.

Tol di IKN akan menerapkan teknologi pengisian daya mobil listrik saat berkendara.

balikpapantv.co.id-Menurut Kementerian PUPR, tol IKN memiliki kemampuan untuk mengisi baterai mobil listrik saat berlalu lintas. Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, mengatakan bahwa teknologi pengisian daya mobil listrik di jalan tol IKN masih konsep dan diterapkan secara bertahap. Teknologi yang sama sudah digunakan di beberapa negara Eropa untuk memungkinkan pengguna mobil listrik melakukan pengisian daya saat berkendara.

Pemasangan lapisan khusus pada segmen tol tertentu akan dilakukan setelah pengaspalan. Selain itu, teknologi pengisian daya mobil listrik di jalan tol juga akan diujicobakan di area parkir. Jalan Tol Akses IKN saat ini telah dibangun hingga segmen 5B, 6A, dan 6B untuk mencapai KIPP IKN termasuk akses ke Bandara VVIP IKN. Saat ini, konstruksi tol telah mencapai 69,7% di seksi 3A, 69,0% di seksi 3B, dan 77,5% di seksi 5A pada tanggal 8 Februari.

Seksi 5B baru dikontrakan dalam 3-4 bulan terakhir dan mencatat kemajuan sebesar 12%. Namun, masih diperlukan tanah untuk seksi 6A dan 6B. Menurut Danis, target fungsional satu arah tol akan tersedia pada bulan Agustus 2024 dan akan diupayakan. Sebelumnya, jarak tempuh dari Balikpapan ke KIPP IKN sejauh 95 km menggunakan Tol Balsam dan Lintas Sepaku dan memakan waktu 2 jam 15 menit. Sekarang, dengan adanya Tol IKN, jarak diperpendek menjadi 57 km dan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

Jalan bebas hambatan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang menghubungkan Balikpapan dengan KIPP IKN di Penajam Paser Utara. Prinisip kota hutan dan pintar IKN diterapkan dengan menanam pohon endemik Kalimantan di sepanjang kanan dan kiri jalan tol.