Gerai Dekranasda dan UMKM Center Telah Hadir Bandara SAMS Sepinggan

Galeri Dekranasda dan UMKM Center telah resmi dibuka di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan dengan gerai tersedia di Terminal Keberangkatan Gate 9 pada Senin (26/2/2024). Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan UMKM di kota Balikpapan. Terdapat 22 pelaku UMKM binaan dinas dan beragam jenis kerajinan seperti kain batik, ukiran, dan kerajinan rotan, serta makanan khas Balikpapan. Galeri Dekranasda dan UMKM Center memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berbelanja tanpa harus pergi ke daerah sekitar.

Gerai Dekranasda dan UMKM Center Telah Hadir Bandara SAMS Sepinggan

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- Acara pembukaan Galeri Dekranasda dan UMKM Center di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan telah sukses dilakukan, tepatnya gerai tersedia di area Terminal Keberangkatan Gate 9 pada Senin (26/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh langsung Walikota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud didampingi sang istri Nurlena Rahmad Mas'ud yang diikuti oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Balikpapan, dan jajaran Forkopimda.

Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud, menyatakan bahwa pembukaan Galeri Dekranasda dan UMKM Center merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Pemerintah Kota Balikpapan untuk meningkatkan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Balikpapan.

"Kami sengaja menghadirkan jajaran Kepala Dinas yang ada di Kota Balikpapan sebagai bentuk keseriusan kami dalam meningkatkan UMKM yang ada di Kota Balikapapn," Ucap Walikota Balikpapan H Rahmad Mas'ud.

Walikota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud, mendorong Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Balikpapan untuk memperluas jaringan penjualan UMKM dengan sistem konsinyasi, yang memungkinkan UMKM menjual barang dengan menyerahkan ke pihak Galeri Dekranasda dan UMKM Center untuk dijualkan.

Sementara itu, Istri Walikota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud, mengucapkan terima kasih kepada Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang telah menyediakan ruang untuk memperlihatkan produk-produk UMKM di kota Balikpapan. Gerai ini memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang tidak sempat berbelanja di daerah sekitar untuk dapat memenuhi kebutuhan belanja di Galeri Dekranasda dan UMKM Center.

"Ini adalah kesempatan bagi UMKM Balikpapan untuk bersaing secara sehat dan meningkatkan branding mereka agar dapat bersaing di pasar global, " Ucap Kepala dekranasda Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud.

Kemudian untuk Produk yang dijual di Galeri Dekranasda dan UMKM Center merupakan binaan dari dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Balikpapan yang terdiri dari 22 pelaku UMKM.

Galeri Dekranasda dan UMKM Center menjual kain batik dan berbagai produk kerajinan, seperti ukiran dengan motif buah karamunting, bawang tiwai, kepiting, mangrove, jahe, serta kerajinan rotan, manik-manik, dan bebatuan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia makanan khas Balikpapan dari para pelaku UMKM.