Balikpapan Dilanda Suhu Panas, Netizen Kaitkan dengan Gerak Semu Matahari

Balikpapan alami cuaca ekstrem, suhu rata-rata pada siang hari mencapai 34 derajat Celcius selama 4 hari. Kabar suhu panas Balikpapan pada 27 Feb hingga 4 Mar 2024 dikhawatirkan terkait gerak semu matahari. Meski posisi zenith Matahari di atas Pulau Jawa, namun posisi itu tidak selalu meningkatkan suhu. Puncak musim kemarau pada Jul-Agt 2024, dengan gerak semu matahari diperkirakan di Indonesia 21 Feb hingga 4 Apr 2024.

Balikpapan Dilanda Suhu Panas, Netizen Kaitkan dengan Gerak Semu Matahari

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- Balikpapan mengalami cuaca ekstrem dengan suhu rata-rata mencapai 34 derajat Celcius pada siang hari selama empat hari terakhir. Suhu terasa seperti 38 derajat. Kabar tentang suhu panas yang ekstrem di Balikpapan pada 27 Februari hingga 4 Maret 2024 menyebarluas di media sosial X. 

Para netizen menghubungkan fenomena tersebut dengan gerak semu matahari yang mendekati Zenith Pulau Jawa. Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, memberikan penjelasan bahwa meskipun posisi zenith matahari memang berada di atas Pulau Jawa, namun Indonesia sendiri terletak di dekat garis lintang nol derajat yang merupakan titik ekuator.

Guswanto dari BMKG menjelaskan bahwa meskipun posisi zenith matahari berada di atas Pulau Jawa, posisi tersebut tidak selalu meningkatkan suhu. Variasi harian hanya terdapat pada suhu di jam tertentu saja. Pada bulan Maret 2024, Indonesia akan masuk musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau. Selama musim pancaroba, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap risiko cuaca ekstrem seperti angin kencang, puting beliung, petir, dan hujan es.

Guswanto dari BMKG memperkirakan puncak musim kemarau akan terjadi pada Juli-Agustus 2024. Mulai dari bulan Maret hingga mencapai puncak pada bulan Juni, wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau secara bertahap. Gerak semu matahari diperkirakan akan masuk wilayah Indonesia dari tanggal 21 Februari hingga 4 April 2024.