Pakar Busana Memperkirakan Warna Kalem akan Mendominasi Tren Fashion di Tahun 2024

Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan nilai estetika busana, sehingga membuatnya semakin menarik bagi pengguna dan penggemar fashion.

Pakar Busana Memperkirakan Warna Kalem akan Mendominasi Tren Fashion di Tahun 2024
Semangat berkembang dan tumbuh, namun dengan suasana yang menyenangkan, nyaman, damai, dan inklusif penuh kesetaraan

balikpapantv.co.id- Dalam dunia fashion, warna merupakan salah satu unsur yang sangat penting yang perlu diperhatikan karena pemilihan warna yang tepat dapat memberikan efek yang besar bagi pemakai pakaian. Baju dengan warna yang tepat dapat menarik perhatian orang di sekitar dan membuat pemakainya tampil menarik.

Para perancang busana memahami akan pentingnya warna dalam fashion. Oleh karena itu, para perancang busana seringkali memperhatikan pemilihan warna ketika merancang sebuah busana. Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan nilai estetika busana, sehingga membuatnya semakin menarik bagi pengguna dan penggemar fashion.

Tidak hanya mempengaruhi busana yang dikenakan, pemilihan warna juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan. Karakter atau kepribadiannya dapat terlihat dari cara dia memadupadankan warna busana.

Sebagai contoh, paduan warna busana yang sama dengan warna kulit dapat menunjukkan bahwa pemilik pakaian memiliki karakter yang kalem atau santai. Pilihan warna yang gelap dan netral dapat menandakan karakter yang serius atau berwibawa, sementara warna-warna cerah dan ceria dapat mengindikasikan kepribadian yang riang dan ceria. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memperhatikan pemilihan warna dalam busana agar dapat mencerminkan kepribadian dan karakter yang ia miliki.

Sejarah menunjukkan bahwa prediksi tren warna dalam fashion sudah dikenal dan berkembang sejak awal abad ke-19. Buku dan disertasi tentang karakteristik warna tertentu dan dampaknya bagi psikologi mulai muncul dan berkembang bersamaan dengan ilmu warna.

Menurut Dosen Tata Busana Universitas Negeri Malang (UM), Dr. C. Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn., tren fashion pada tahun lalu didominasi oleh warna-warna berani dan tebal. Namun, pada tahun 2024, tren warna pakaian didominasi oleh warna kalem yang lebih menyejukkan.

Agus juga menyatakan bahwa warna peach fuzz akan menjadi tren warna fashion di tahun 2024. Warna peach fuzz ini merupakna perpaduan antara oranye dan merah muda.

Selain peach fuzz, warna-warna turunannya serta orange, cokelat, dan warna-warna pastel juga diproyeksikan akan mendominasi karya-karya para desainer fashion pada tahun 2024. Kombinasi warna-warna tersebut diharapkan dapat memberikan kesan yang natural dan menenangkan pada busana yang dirancang. Warna-warna tersebut juga cocok untuk membentuk berbagai gaya fashion seperti gaya klasik, retro, dan minimalis yang sedang populer saat ini.

”Trennya ya warna kalem yang tetap menekankan pada semangat berkembang dan tumbuh, namun dengan suasana yang menyenangkan, nyaman, damai, dan inklusif penuh kesetaraan,” aku pria yang juga sebagai desainer dan akrab disapa Sam Suga. Dikutip dari Radar Malang (Jawa Pos Group).

Benar sekali bahwa tren warna fashion terus berubah-ubah dari tahun ke tahun. Beberapa tahun belakangan ini, kita bisa melihat tren warna fashion didominasi oleh warna-warna yang berani.

Contohnya, pada tahun 2021 tren warna fashion didominasi oleh warna abu-abu dan kuning. Kemudian, pada tahun 2022, dunia fashion Indonesia dipenuhi dengan warna very peri atau ungu. Tahun lalu, tren warna fashion masih didominasi oleh warna yang hampir senada dengan tahun 2022 yaitu viva magenta.

Karenanya, warna peach fuzz yang diperkirakan akan menjadi tren warna fashion di tahun 2024 menjadi seperti pemecah dari tren warna fashion sebelumnya yang terkesan tebal dan berani.