KPU Kaltim Sebut Lima Parpol Tak Isi Penuh Kuota Bacaleg

Anggota KPU Kaltim Divisi Teknis Penyelenggaraan Suardi mengatakan 18 partai politik telah melalui proses verifikasi kelengkapan berkas bacaleg secara manual oleh petugas KPU dan disaksikan Bawaslu Kaltim.

KPU Kaltim Sebut Lima Parpol Tak Isi Penuh Kuota Bacaleg
Suardi anggota KPU Kaltim divisi teknis penyelenggaraan

balikpapantv.co.id , SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menyatakan 18 partai politik telah mendaftarkan calon anggota legislatif (bacaleg) pada pemilu serentak tahun 2024, sesuai dengan jadwal pendaftaran yang berakhir hingga 14 Mei lalu.

Dikonfirmasi kembali terkait kelengkapan calon anggota legislatif masing-masing parpol, Anggota KPU Kaltim Divisi Teknis Penyelenggaraan Suardi mengatakan 18 partai politik telah melalui proses verifikasi berkas bacaleg secara manual oleh petugas KPU dan saksi Bawaslu Kaltim.

Dengan telah berakhirnya tahapan pendaftaran, Suardi menyatakan bahwa sudah ada 18 partai politik dan 21 calon anggota DPD RI yang diri ke KPU Kaltim sebagai peserta pemilu yang diikuti tahun 2024.

Soal jumlah bacaleg yang diajukan, Suardi mengatakan, tidak semua parpol mengajukan bacaleg dengan jumlah maksimal yang terdistribusi di seluruh daerah pemilihan (dapil) yakni 55 Bacaleg.

Dikatakannya ada 5 parpol tidak maksimal mengajukan jumlah bacalegnya. Yakni Partai Buruh 33 Bacaleg, Partai Gelora 51 Bacaleg, Partai Garuda 28 Bacaleg, Partai Bulan Bintang 33 Bacaleg dan PSI 30 Bacaleg. “Di luar 5 pihak ini, semua mengajukan Bacaleg secara maksimal 55 orang,” bebernya.

Dikonfirmasi soal minimnya pendaftar, Ketua Partai Garuda Kaltim, Amir menyebut bahwa anjuran sudah berupaya maksimal mencari kader-kader dan calon yang berkompeten Hanya saja dalam perjalannya lobi-lobi politik banyak juga calon yang beralih partai.

“Yah karena dalam lobi-lobi tidak menemukan kata larangan, jadi kami mendaftarkan saja yang ada dengan keterlibatan keterlibatan perempuan sudah lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Kaltim, Decky Samuel yang juga tidak mengisi penuh kuota bacalegnya menyebut hanya mendaftarkan sebanyak 30 bacaleg dari alokasi kursi di DPRD Kaltim yang berjumlah 55. Alasannya, PSI Kaltim benar-benar menyeleksi bacalegnya. 

"Banyak orang yang menawarkan diri mau bergabung tapi berapa mau dibayar, PSI tidak ada seperti itu. Ini benar-benar diproses. Siapa yang melamar, kami proses dan tidak semua diterima," ujarnya.

Selama ini, PSI memang dikenal sebagai partai yang banyak diisi anak muda. Kali ini, keterlibatan perempuan juga terlihat dari keterwakilan bacaleg perempuan yang berada di atas 30 persen. 

Diakui Decky, diantar banyak mendapatkan pelajaran dari Pileg 2019 yang lalu. PSI sendiri sudah memperbaiki sejumlah hal di berbagai lini. Saat itu, kelemahan PSI adalah kekurangan bacaleg yang ikut berpengaruh terhadap alarm suara. 

"Secara dasar, PSI ada di mana-mana. Namun PSI menyasar kaum milenial, di daerah perbatasan kami cukup kuat. Kubar, Balikpapan, Paser. Di 10 kabupaten dan kota kami sudah ada," ucapnya .

Dalam menentukan bacaleg, PSI memprioritaskan orang-orang yang memiliki visi dan misi serta mengetahui bagaimana caranya berjuang. Bukan sekadar slogan. 

"Popularitas bukan sesuatu yang harus. Bukannya PSI anti menerima tokoh, tapi kami justru bangga kalau partai ini bisa mengangkat kader-kader terbaiknya," tutupnya. (mrf)