Piala Dunia U-17: Event Olahraga yang Dianggap Mampu Meningkatkan Pariwisata Nasional

Pemilihan Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian setempat. Lonjakan di sektor pariwisata akan terjadi dengan tingginya permintaan akan penginapan, transportasi, kuliner, dan produk ekonomi kreatif karena target penonton di setiap pertandingan adalah 18 ribu orang. Jumlah penonton dalam setiap pertandingan mencapai target 18 ribu, maka akan terdapat perputaran uang sebesar Rp 2 triliun. Jumlah ini belum termasuk pendapatan dari penjualan tiket, sponsor, telekomunikasi, value branding, MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), entertainment, pajak, dan lain-lain.

Piala Dunia U-17: Event Olahraga yang Dianggap Mampu Meningkatkan Pariwisata Nasional
Penjualaan merchandise resmi World Cup U-17 2023 di Store Juaraga, FX Senayan, Jakarta. Lebih dari 30 jenis produk official merchandise Piala Dunia U 17, mulai dari topi, tshirt, hingga maskot bacuya akan mulai dipasarkan. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)

balikpapantv.co.id- Keberadaan beberapa tim di Indonesia menandakan dimulainya Piala Dunia U-17 pada 10 November 2023 yang akan datang. Ada empat kota - Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Solo - yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Menurut beberapa pengamat, ajang sepak bola internasional ini akan memberikan dorongan positif bagi sektor pariwisata nasional karena diproyeksikan dapat menarik banyak penonton dari dalam dan luar negeri. Tufan Rahmadi, seorang pakar strategi pariwisata nasional, berpendapat bahwa pelaksanaan Piala Dunia U-17 akan membawa dampak yang signifikan bagi pariwisata Indonesia.

Diperkirakan bahwa turnamen ini, yang merupakan ajang bagi pesepakbola muda ini akan dapat menarik 18 ribu orang untuk setiap pertandingannya.

Diperkirakan bahwa turnamen ini, yang merupakan ajang bagi pesepakbola muda, dapat menarik 18 ribu orang untuk setiap pertandingannya.

Menurut Taufan, pemilihan Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian setempat. Lonjakan di sektor pariwisata akan terjadi dengan tingginya permintaan akan penginapan, transportasi, kuliner, dan produk ekonomi kreatif karena target penonton di setiap pertandingan adalah 18 ribu orang.

Menurut Taufan, jika jumlah penonton dalam setiap pertandingan mencapai target 18 ribu, maka akan terdapat perputaran uang sebesar Rp 2 triliun. Jumlah ini belum termasuk pendapatan dari penjualan tiket, sponsor, telekomunikasi, value branding, MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), entertainment, pajak, dan lain-lain. Azril Azahari, seorang cendekiawan pariwisata Indonesia, juga setuju dengan Taufan bahwa pelaksanaan Piala Dunia U-17 akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia berharap event internasional ini dapat berlangsung dengan sukses. Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dari Januari hingga Agustus 2023 sebesar 7,44 juta kunjungan, meningkat 166 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 2,79 juta kunjungan.

Berdasarkan laporan dari BPS, jumlah perjalanan dalam negeri oleh wisatawan domestik pada semester I tahun 2023 mencapai 433,57 juta, meningkat sebesar 12,57 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat 385,16 juta perjalanan. Jawa Timur merupakan provinsi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dengan jumlah mencapai 116,70 juta kunjungan, diikuti oleh Jawa Barat dengan 75,56 juta kunjungan, Jawa Tengah dengan 63,10 juta kunjungan, dan DKI Jakarta dengan sekitar 30,1 juta kunjungan.