Widih Keren!, Balikpapan Siap Gelar Investment Forum ALKI 2, Pelabuhan Internasional di Balikpapan Siap di Tawarkan ke Investor.

Kota Balikpapan memiliki fasilitas pelabuhan internasional yang siap untuk ditawarkan ke para investor melalui forum investqsi. Tidak hanya forum investasi namun kegiatan itu akan ada expo UMKM bagi 11 provinsi yang hadir dalam forum investasi. Dalam kesempatan tersebut, sekaligus menggelar fashion show.

Widih Keren!, Balikpapan Siap Gelar Investment Forum ALKI 2, Pelabuhan Internasional di Balikpapan Siap di Tawarkan ke Investor.
Rencana kegitan forum insvestasi dilaksanakan awal Oktober dengan perkiraan ada 10 ribu orang berpartisipasii

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN- Segala upaya di lakukan oleh Pemkot Balikpapan untuk membuat jalur yang mencakup Selat Lombok, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi bergeliat,karena selama ini Jalur alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) 2 belum berjalan secara maksimal. Sebenarnya jalur ini memiliki potensi yang bagus sebagai jalur pendukung ke selat Malaka yang padat lalu lintas perdagangan di laut.

Plt Kepala DPMPTSP Balikpapan Hasbullah Helmi menjelaskan tentang kesiapan Balikpapan untuk jadi inisiator dengan mengadakan event yang bertajuk Investment Forum Jalur ALKI 2. Rencananya event ini akan dihadiri para perwakilan dari 11 provinsi yang masuk dalam jalur ALKI 2. Kegiatan ini pun bertujuan untuk menghidupkan jalur ALKI 2 yang tergolong masih sepi. 

Dikatakan oleh Hasbullah Helmi, Kota Balikpapan memiliki fasilitas pelabuhan internasional yang siap untuk ditawarkan ke para investor, hal ini penting menurutnya karena semua aktivitas logistic sangat padat dan masih berfokus melalui ALKI 1 yang mana para investor masih harus mengirim melalui Jakarta.

Rencananya dalam investment forum akan di undang perwakilan pemerintah sebanyak 10 persen dan 90 persen tamu undangan yang berasal dari investor dalam dan luar negeri. Pada tanggal 23 Juni telah dilakukan pra event yang mengundang DPMPTSP dan Dinas Perdagangan Koperasi dari 11 provinsi.

“Kami sudah ekspos soal rencana kegiatan investment forum ALKI 2. Alhamdulillah mereka semua menyambut positif dan ingin berpartisipasi,” ungkapnya.

Terdapat 11 provinsi yang masuk dalam ALKI 2 yaitu Kaltim, Kaltara, Kalsel, Kalteng, Gorontalo, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Jatim, Bali, dan NTB yang secara jumlah keseluruhan 188 kabupaten/kota.

Kegiatan ini akan terdiri dari tiga rangkaian acara.Dimana forum investasi akan menghadirkan narasumber dari beberapa kementrian yang memaparkan terkait investasi dan 11 provinsi akan menampilkan potensi investasi yang bisa dilakukan pada masing-masing daerah.

Dalam kegiatan itu nantinya akan ada tempat one on one meeting,sehingga akan memudahkan negosiasi yang dilakukan investor,selain itu akan disediakan booth bagi 11 provinsi untuk menampilkan gambaran investasi daerahnya.

Namun dia berharap, investasi yang ditawarkan sudah investment project ready to offer (I-PRO). Artinya sudah clean and clear. Baik dari sisi tanah sampai SDM sudah tersedia. “Tentu Balikpapan selain sebagai tuan rumah juga akan berjualan menarik investor. Apalagi kita sebagai kota penyangga IKN,” tuturnya.

Tidak hanya forum investasi namun kegiatan itu akan ada expo UMKM bagi 11 provinsi yang hadir dalam forum investasi. Dalam kesempatan tersebut, sekaligus menggelar fashion show. “Rencana kami laksanakan awal Oktober dengan perkiraan ada 10 ribu orang berpartisipasi,” tandasnya.