Disbun Kutai Timur Dapat Bantuan Beasiswa Sawit. Peluang Emas Para Anak Pekebun dan Pekerja Sawit di Kutai Timur.

Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur mendapatkan bantuan beasiswa dari kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebuna Kelapa Sawit (SDM PKS) tahun 2023.

Disbun Kutai Timur Dapat Bantuan Beasiswa Sawit. Peluang Emas Para Anak Pekebun dan Pekerja Sawit di Kutai Timur.
Pada tahun 2023 ini terdapat 12 kampus penerima beasiswa sawit.

balikpapantv.co.id, SANGATTA- Bagi anak- anak pekebun sawit, program beasiswa sawit BPDPKS tahun 2023 merupakan peluang emas untuk memajukan sumber daya manusia dari keluarga petani kelapa sawit dan pekerja sawit di Kabupaten Kutai Timur.

Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur mendapatkan bantuan beasiswa dari kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebuna Kelapa Sawit (SDM PKS) tahun 2023 yg salah satunya yaitu program pendidikan melalui pemberian beasiswa SDM PKS melalui pendanaan dari Badan  Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur,Adiyanto mengatakan beasiswa ini dilakukan setelah adanya surat dari Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Nomor: B-4268/TU.020/E.5/07/2023 tanggal 24 Juli 2023.

“Jadi Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur ini mendapatkan bantuan beasiswa dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan. Dana beasiswa itu dari Badan  Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang bersumber dari bagi hasil dari penjualan CPO seluruh Indonesia kemudian dihimpun oleh BPDPKS dan kemudian dana ini dihibahkan kepada Kementerian Pertanian atau Direktorat Perkebunan,”jelasnya.

Adiyanto pun menambahkan,sebenarnya terdapat dua jalur pendaftaran dalam BPDPKS yaitu jalur regular dan afirmasi bagi keluarga pekebun sawit serta sumber daya manusia lainnya yang bekerja di bidang perkebunan kelapa sawit.

Setelah Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur melakukan penjaringan dan verifikasi data kemudian dari para calon peserta mengumpulkan data diri sebagai calon penerima beasiswa SDM PKS tahun 2023 dan melakukan verifikasi data sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Dirjen Perkebunan. Setelah verifikasi data dan diserahkan kembali ke Dinas Perkebunan provinsi untuk diverifikasi ulang dan kemudian diserahkan ke Kementerian Pertanian DIrektorat Jenderal Perkebunan untuk di verifikasi kembali.

“Nah hasil dari verifikasi Dirjen Perkebun kemudian diumumkan sekitar 10 orang penerima beasiswa tersebut di tahun ini yang berasal dari Kabupaten Kutai Timur dan tersebar di berbagai  berbagai pilihan Perguruan tinggi,”katanya.

Pada tahun 2023 ini terdapat 12 kampus penerima beasiswa sawit. Yaitu Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Yogyakarta, Politeknik LPP Yogyakarta, Akademi Komonitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY), Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan, Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI), Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE), Sekolah Vokasi IPB, Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, Politeknik ATI Padang, Politeknik Kampar, Universitas Prima Indonesia, dan Politeknik Aceh.