Wah Harga Beras Naik di 268 Kabupaten dan Kota

Menurut BPS, terdapat peningkatan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras pada minggu ketiga Februari 2024 dengan rata-rata harga sebesar Rp 15.246 per kg. Selain itu Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengumumkan kenaikan anggaran pupuk subsidi menjadi 9,55 juta ton pada 2024 serta memberikan diskon pupuk dan kemudahan pinjaman kredit usaha untuk petani dengan kartu tani. Disisi lain Wamen Menperin berjanji bahwa ketersediaan beras aman untuk dijaga terutama menjelang puasa dan Lebaran, namun Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) khawatir bahwa kenaikan harga beras akan mempengaruhi inflasi dan daya beli masyarakat sehingga biaya hidup secara keseluruhan akan meningkat.

Wah Harga Beras Naik di 268 Kabupaten dan Kota

balikpapantv.co.id-Menurut BPS, terjadi peningkatan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras. Pada minggu ketiga bulan Februari tahun 2024, terdapat 179 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras dengan rata-rata harga sebesar Rp 15.246 per kg.

”Jumlah itu melonjak hingga pada minggu keempat Februari, ada 268 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras dengan rata-rata harga mencapai Rp 15.387 per kg,” papar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini.

Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), memperkirakan bahwa harga beras akan mengalami penurunan seiring dengan dimulainya masa panen di beberapa lokasi. Harga gabah, yang pada awalnya berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 8.600 per kg, diperkirakan akan mengalami penurunan. ”Hari ini (kemarin, Red) turun ke Rp 7.600. Bahkan, ada yang angkanya sudah di bawah Rp 7.000 seperti di Sumsel,” kata Arief setelah rapat terbatas membahas beras yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Menurut Arief Prasetyo Adi, harga gabah memiliki pengaruh besar terhadap harga beras dan pemerintah akan menambah stok beras komersial dengan melepas 200 ribu ton ke penggilingan padi pada akhir tahun dan 200 ribu ton pada awal tahun, serta menyiapkan tambahan 200 ribu ton beras komersial. 

Presiden juga menekankan pentingnya menjaga nilai tukar petani agar tidak merugi. Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengumumkan bahwa pada rapat terakhir diputuskan untuk menaikkan anggaran pupuk subsidi menjadi 9,55 juta ton pada 2024, serta memberikan diskon pupuk dan kemudahan pinjaman kredit usaha untuk petani dengan kartu tani. Pada bulan Maret, diprediksi akan terjadi panen raya pada 1 juta hektare lahan yang ditanam padi sejak Desember.

”Artinya apa, produksinya itu 3,5 juta ton,” ucap Amran. Stok itu dinilai akan mengamankan beras tanah air.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memastikan bahwa menjelang Ramadan, ketersediaan beras aman dan bahkan diupayakan harganya bisa turun. Menurutnya, ketersediaan beras yang aman adalah yang paling penting untuk dijaga terutama menjelang puasa dan Lebaran.

Sebaliknya, Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Azizah Fauzi khawatir bahwa kenaikan harga beras akan mempengaruhi inflasi dan daya beli masyarakat. Ia mengatakan bahwa jika harga beras terus naik, maka biaya hidup secara keseluruhan akan meningkat.