Sssttt!!!, Ada Batu Bara Lhoh di Laut Balikpapan Bukannya Jaring Ikan di Laut, Eh Nelayan Justru Jaring Batubara

Nelayan sekitaran manggar pun yang melaut bukannya menjaring ikan. Namun menjaring batubara yang diduga milik PT Bayan Resources Tbk. Dimana sampah sampah emas hitam ini tidak hanya mengurangi jumlah tangkapan nelayan, tetapi menghancurkan mata pencaharian mereka.

Sssttt!!!, Ada Batu Bara Lhoh di Laut Balikpapan  Bukannya Jaring Ikan di Laut, Eh Nelayan Justru Jaring Batubara
Hasil tangkapan jaring nelayan, berupa bongkahan batu bara

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN - Pada Rabu 7 Juni lalu, Ketua KNPI Pimpin langsung penyusuran laut sekitaran manggar, Bersama Ketua Ganeba Dan Para Nelayan. Selama penyusuran, tanpa sengaja tim penyusuran yang beranggotakan hampir 30 Kapal ini menemukan Kapal Tongkang berkode "BYN" yang tampak jelas di luar box tongkangnya ada Batu bara yang bisa kapan saja jatuh jika kapal terkena ombak. 

Saat itu dengan santun bung Andre dari KNPI Balikpapan, langsung sigap mengingatkan sang captain agar lebih berhati- hati saat loading batubara agar tidak berlebih dan mengingatkan kantornya.

Saat melaukan penyusuran tanpa sengaja tim juga melihat "Air Hitam" yang mengalir dari KFT yang diduga milik Perusahaan Batubara PT Bayan Resources yang mengeluarkan air berwarna hitam. Sampel pun sudah diambil oleh tim dan akan segera dibawa ke lab untuk diperiksa apakah itu limbah atau bukan. Namun ternyata di KFT tersebut juga ada tongkang yang sedang melakukan proses transfer batubara dengan kode yang sama "BYN" dan tampak pula ada batu bara yang keluar dari boaxnya. 

Alhasil nelayan sekitaran manggar pun yang melaut bukannya menjaring ikan. Namun menjaring batubara yang diduga milik PT Bayan Resources Tbk. Dimana sampah sampah emas hitam ini tidak hanya mengurangi jumlah tangkapan nelayan, tetapi menghancurkan mata pencaharian mereka. Tentunya pihak perusahaan harus bertanggungjawab, dan juga pemerintah bisa menindak tegas aktifitas PT Bayan Resources Tbk di Balikpapan agar tidak terus menghancurkan lingkungan.

Disisi lain terdapat sebuah video yang di posting oleh sebuah akun instagram (ig) @balikpapanku, dimana dalam video itu menunjukkan batu bara yang di dapat oleh seorang nelayan saat berusaha menjaring ikan di wilayah perairan sekitaran Balikpapan.