Satpol PP Paser Tunggu Instruksi Pemprov Kaltim, Soal Penertiban Angkutan Batubara di Jalan Umum

pihaknya siap menurunkan personel jika sudah mendapat instruksi resmi dari Kasatpol PP Kaltim. Sampai saat ini, Satpol PP Kabupaten Paser tidak berani menurunkan personel ke lapangan karena belum ada instruksi resmi dari Kasatpol PP Kaltim,

Satpol PP Paser Tunggu Instruksi Pemprov Kaltim, Soal Penertiban Angkutan Batubara di Jalan Umum
Penegakan perda tersebut masih menunggu instruksi dari Kasatpol PP Provinsi Kaltim, mengingat hal tersebut merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Kaltim.

balikpapantv.co.id,TANAH GROGOT- Instruksi dari Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kaltim Nomor 10 Tahun 2012 terkait penggunaan jalan umum untuk kegiatan pertambangan dan kelapa sawit, ditujukan kepada Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser. Namun, penegakan perda tersebut masih menunggu instruksi dari Kasatpol PP Provinsi Kaltim, mengingat hal tersebut merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Kaltim.

"Kami masih menunggu instruksi Satpol PP Provinsi sebab penegakan perdanya wewenang Pemprov Kaltim. Saya juga telah dihubungi Kasatpol PP Kaltim terkait aktivitas angkutan batubara yang melintasi jalan raya umum di Desa Batu Kajang," Kata Kepala Satpol PP Kabupaten Paser HM Guntur, Jumat (5/1). 

Guntur mengatakan bahwa Satpol PP Kabupaten Paser telah menyerahkan laporan yang diminta oleh Kasatpol PP Kaltim dan saat ini masih menunggu instruksi selanjutnya untuk melakukan penindakan di lapangan. Guntur juga menekankan bahwa pada dasarnya pihak Satpol PP Kabupaten Paser hanya dapat mendampingi apabila para personel Satpol PP Kaltim turun ke Kabupaten Paser. Hal ini dikarenakan tugas yang dapat melakukan penindakan hanya Pemerintah Provinsi Kaltim dan Dinas Perhubungan.

Guntur menegaskan bahwa Satpol PP Kabupaten Paser hanya dapat mendampingi jika ada tindakan dari Kasatpol PP Kaltim di Paser, mengingat hal tersebut merupakan wewenang mereka untuk menegakkan Perda Kaltim Nomor 10 Tahun 2012. Namun, ia menekankan bahwa pihaknya siap menurunkan personel jika sudah mendapat instruksi resmi dari Kasatpol PP Kaltim. Sampai saat ini, Satpol PP Kabupaten Paser tidak berani menurunkan personel ke lapangan karena belum ada instruksi resmi dari Kasatpol PP Kaltim, sebab hal tersebut memang merupakan wewenang mereka.Guntur pun menekankan bahwa pihaknya siap untuk melakukan tindakan jika sudah ada instruksi resmi dari pihak yang berwenang.