Rapat Paripurna DPR RI Soal Usulan Hak Angket Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 “Diguyur Hujan” Interupsi

Beberapa fraksi mengajukan interupsi hak angket, termasuk PKS, PKB, dan PDIP, sementara PPP dan Nasdem membahas hal tersebut setelah rapat paripurna. Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengingatkan bahwa mayoritas anggota DPR masih menunggu rekapitulasi suara dari KPU dan agar anggota DPR tidak melupakan tugas konstitusional mereka. Dalam rapat tersebut, hanya 164 peserta dari total 575 anggota parlemen yang hadir dan 126 anggota lainnya memiliki izin.

Rapat Paripurna DPR RI Soal Usulan Hak Angket Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 “Diguyur Hujan” Interupsi

balikpapantv.co.id- Pimpinan dan Sekretaris Fraksi PDIP tidak hadir dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-13 masa persidangan VI Tahun 2023-2024 di Gedung Parlemen, sementara Ketua DPR RI, Puan Maharani, sedang melakukan kunjungan kerja ke Paris. Hanya terlihat beberapa anggota fraksi yang hadir. 

Sejumlah fraksi mengajukan interupsi hak angket, termasuk dari PKS, PKB, dan PDIP, sementara PPP dan Nasdem membicarakan hal tersebut setelah rapat paripurna usai. Dalam rapat tersebut, hanya 164 peserta dari total 575 anggota parlemen yang hadir, dan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut 126 anggota DPR RI izin dalam rapat paripurna hari ini.

“Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada rapat paripurna hari ini telah ditandatangani oleh 164 orang, izin 126 orang. Total 290 orang dari 575 anggota DPR RI,” kata Dasco saat memimpin rapat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Dasco mengatakan bahwa mayoritas anggota DPR RI, yang kembali maju sebagai calon anggota legislatif, masih menunggu rekapitulasi perolehan suara dari Komisi Pemilihan Umum. Dia mengingatkan agar anggota DPR RI tidak melupakan tugas konstitusional mereka, termasuk menghadiri rapat paripurna. Setelah rapat paripurna, Dasco tidak mempersoalkan jika para anggota DPR kembali ke dapil masing-masing.