Presiden Joko Widodo meresmikan Nusantara Warehouse Park di IKN

Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya dan kebahagiaan atas keterlibatan investor lokal Kaltim asal Balikpapan yang sebelumnya telah berhasil membangun Nusantara Super Block di Ibu Kota Nusantara.

Presiden Joko Widodo meresmikan Nusantara Warehouse Park di IKN
Presiden Jokowi berharap Nusantara Warehouse Park di IKN akan menjadi contoh bagi industri pergudangan di Indonesia serta memperkuat rantai pasok domestik Indonesia sambil mengurangi biaya logistik

balikpapantv.co.id,SEPAKU-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk Nusantara Warehouse Park (NWP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (17/01/2024).

Gudang modern tersebut adalah proyek investasi dari PT Wulandari Bangun Laksana Tbk berbasis di Balikpapan, yang sebelumnya juga telah membangun Nusantara Superblock di Ibu Kota Nusantara.

"Warehouse ini dibangun oleh investor lokal asal Balikpapan dengan lahan 3,3 hektar dan mengusung konsep smart, green, dan sustainable" Ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya dan kebahagiaan atas keterlibatan investor lokal Kaltim asal Balikpapan yang sebelumnya telah berhasil membangun Nusantara Super Block di Ibu Kota Nusantara.

 "Investasinya juga tidak kecil, Rp100 miliar untuk tahap awal," ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi berharap Nusantara Warehouse Park di IKN akan menjadi contoh bagi industri pergudangan di Indonesia serta memperkuat rantai pasok domestik Indonesia sambil mengurangi biaya logistik.

“Saya senang di IKN banyak sudah investasi saling melengkapi, seperti hotel, sekolah, rumah sakit, mall, pergudangan, super block, macam-macam saling mengisi dan kita harapkan semakin meramaikan investasi yang ada di Ibu Kota Nusantara” Ucap Presiden Joko Widodo

Direktur Utama PT Wulandari Bangun Laksana Tbk, Christoper Sumasto Tjia, menyatakan bahwa setelah sukses melakukan groundbreaking Nusantara Superblock pada Desember 2023, perusahaan kembali berinvestasi di IKN.

Selaku investor lokal pertama dari Balikpapan, Christoper mengatakan ia berinvestasi di IKN dengan tujuan menghadirkan kompleks pergudangan modern dan hijau yang pertama di IKN untuk mendukung kebutuhan di Nusantara Superblock. Selain itu, pihaknya melihat peluang akan kebutuhan pergudangan untuk kebutuhan logistik di IKN.

"Nilai investasi kami dalam proyek ini sebesar Rp100 miliar tahap pertama. Dan jika sudah mendapat tambahan alokasi lahan, maka investaai kami tambah Rp500 miliar tahap berikutnya" Ucap Direktur Utama PT Wulandari Bangun Laksana Tbk, Christoper Sumasto Tjia.

Kemudian, Tjia Daniel Wirawan, selaku Direktur Operasional PT WBL Tbk, menyatakan bahwa Nusantara Warehouse Park kemungkinan akan selesai lebih cepat dibanding Nusantara Superblok dan diproyeksikan akan selesai pada akhir tahun 2024..