Pj Gubernur Kaltim Ingatkan ASN Untuk Menjaga Sumpah

Pj Gubernur Kaltim mengingatkan ASN untuk menjaga sumpah, terutama integritas, bekerja maksimal, dan mengikuti perundang-undangan yang berlaku. Dia juga meminta pejabat di PPU menyiapkan sumber daya manusia untuk suksesnya pembangunan Ibu Kota Negara.

Pj Gubernur Kaltim Ingatkan ASN Untuk Menjaga Sumpah
Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik

balikpapantv.co.id,PENAJAM- ASN harus menjaga janji dan sumpah yang diucapkan, kata Pj Gubernur Kaltim. Dia mengingatkan para pejabat eselon III dan IV di PPU atas hal tersebut setelah pelantikan oleh Pj Bupati Makmur Marbun.

"Apa sumpahnya? Menjaga integritas, bekerja maksimal, kemudian mengikuti seluruh ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Jangan sampai setelah dilantik justru lupa dengan sumpah yang telah diucapkan," kata Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Pembangunan Ibu Kota Negara di Kabupaten PPU akan menarik orang dalam jumlah besar ke wilayah tersebut, kata Pj Gubernur Kaltim. Dia meminta pejabat eselon III dan IV di PPU menyiapkan sumber daya manusia untuk menjamin keberhasilan IKN. Sementara itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun menyatakan bahwa penyesuaian memang butuh waktu, dan ada yang bisa menerimanya dan ada yang tidak.

“Tujuan utama dari reformasi birokrasi yang sebenarnya adalah untuk memastikan bahwa organisasi tetap stabil selama proses perubahan atau transisi, dan tetap fokus serta mudah dalam menjalankan setiap tanggung jawab yang ada,” ujarnya.

Selain membenahi tata laksana, manajemen sumber daya manusia, prosedur, dan sistem, pola pikir dan budaya kerja juga harus diubah dalam reformasi birokrasi. Yang diharapkan dari reformasi birokrasi adalah perubahan perilaku birokrat sebagai pelaku utama dan masyarakat sebagai pendukung dan pendorong perubahan. Perlu dikembangkan strategi dan rencana aksi kinerja yang jelas berdasarkan kebutuhan dan indikator yang dapat diukur untuk mencapai tujuan ini.