Penerimaan 250 Ribu PNS untuk IKN,Apakah ASN dari Jakarta akan Jadi Pindah?

Pemerintah membuka penerimaan CPNS 2024 dengan jumlah formasi mencapai 2,3 juta. Guspardi Gaus dari Komisi II DPR akan menanyakan apakah penerimaan 250 ribu PNS untuk IKN merupakan bagian dari rencana penerimaan 2,3 juta formasi CPNS yang diumumkan Presiden Jokowi. Jika tidak ada detail mengenai pekerjaan dan penempatan dinas untuk CPNS IKN, maka dapat terjadi duplikasi formasi PNS yang tidak berfungsi optimal. Pada Juli 2024, tahap pertama pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan, dimulai dengan 3.245 ASN dari 37 kementerian/lembaga yang akan ditempatkan di 1.740 hunian yang telah disiapkan.

Penerimaan 250 Ribu PNS untuk IKN,Apakah ASN dari Jakarta akan Jadi Pindah?
Juli 2024, tahap pertama dari pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan, dengan sekitar 3.245 ASN akan dipindahkan, dan akan ada tahapan pemindahan lebih lanjut di masa depan.

balikpapantv.co.id- Penerimaan CPNS 2024 telah dibuka oleh Pemerintah dengan jumlah formasi mencapai 2,3 juta. Selain itu, baru-baru ini, terdapat juga pengumuman untuk penerimaan 250 ribu CPNS yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). "Informasi penerimaan PNS untuk IKN ini sangat baru dan belum pernah dikomunikasikan seperti apa detailnya dari pemerintah," ungkap Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, Rabu (31/1).

Guspardi Gaus akan menanyakan apakah penerimaan 250 ribu PNS untuk IKN merupakan bagian dari rencana penerimaan 2,3 juta formasi CPNS yang diumumkan oleh Presiden Jokowi. Menurutnya, pengumuman penerimaan CPNS di IKN dapat menimbulkan masalah di kemudian hari dan bahwa saat ini hanya terlihat pembangunan istana negara dan tidak ada pembangunan untuk gedung kementerian dan lembaga.

"Kapan PNS yang diterima ini untuk ditempatkan di IKN?" imbuh politikus dari dapil Sumbar 2 itu.

Jika detail pekerjaan dan penempatan dinas untuk CPNS IKN yang diterima pada 2024 belum terpetakan, maka akan terjadi duplikasi formasi PNS yang tidak berfungsi dengan optimal. Pemerintah sebelumnya telah berencana untuk memindahkan PNS dari Jakarta ke IKN, terutama yang bertugas di kementerian/lembaga. Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa pada Juli 2024, tahap pertama dari pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan, dengan sekitar 3.245 ASN akan dipindahkan, dan akan ada tahapan pemindahan lebih lanjut di masa depan.

"ASN yang pindah pertama nanti dari 37 kementerian/lembaga. Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka," ujar Abdullah Azwar Anas seperti dilansir dalam laman Kementerian PANRB pada pertengahan Desember 2023 lalu.