Pemdasus IKN Beroperasi Februari 2024, Kemungkinan Jabatan Camat "Punah"

Ayo! ASN dan Warga Kaltim Ikut Gabung Pemdasus (Bagi Yang Punya Talenta)

Pemdasus IKN Beroperasi Februari 2024, Kemungkinan Jabatan Camat "Punah"
Kewenangan Otorita IKN mencakup semua urusan pemerintahan, kecuali urusan pemerintahan absolut.

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN-Februari 2024 akan menjadi titik mula mulai beroperasinya Otorita Ibu Kota Negara (IKN) sebagai pemerintah daerah yang akan mejalankan fungsi pelayanan publik bagi warga sekitaran IKN.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin mengatakan pada Bulan Juli tahun 2023 akan dilakukan pembangunan kantor khusus Otorita IKN di Wilayah Perencanaan (WP) 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang meliputi area area Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Nantinya Pemdasus sendiri akan diatur dalam PP 27/2023 tentang Kewenangan Khusus Otorita IKN "Tahun depan di bulan Februari sudah harus siap,” kata Alimuddin.

Nantinya kewenangan Otorita IKN mencakup semua urusan pemerintahan, kecuali urusan pemerintahan absolut. Seperti urusan politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, yustisi, moneter dan fiskal nasional, dan agama seperti yang nantinya tercantum dalam pasal 2 PP 27/2023.

Sedangkan untuk kewenangan khusus Otorita IKN, meliputi pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara, serta pengembangan IKN dan daerah mitra. Sedangkan kwenangan lainnya yang berkaitan dengan  penataan ruang, pertanahan, lingkungan hidup, dan penanggulangan bencana disebutkan pada pasal 3 PP 27/2023.

Alimuddin mengajak para ASN dan warga Kaltim yang bertalenta bergabung Pemdasus otorita IKN. Dirinya pun berharap posisi-posisi yang disediakan Otorita IKN nanti bisa diisi masyarakat Kaltim.

Khusus bagi para ASN muda, harus memiliki kemampuan jadi tidak asal meminta pindah ke IKN.

"Silakan segera bergabung. Supaya kita bisa melaksanakan fungsi-fungsi pemdasus di bulan Februari tahun depan,” ajaknya.

Selain itu Alimuddin pun akan ada perubahan pada kelembagaan. Terutama pada Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Otorita IKN. Akan ada pemangkasan pelayanan dan alur birokrasi terkait pemberian pelayanan cepat, tepat, juga efektif dan efisien.

"Mungkin, nanti tidak ada lagi camat. Hanya pejabat dari kepala otorita hingga ke bawahnya. Dan juga akan sangat banyak pemangkasan alur pelayanan dan birokrasi yang kita lakukan. Karena kalau sama saja di Jakarta, buat apa kita pindah ibu kota negara,” sebutnya.