PDIP Puncaki Hasil Quick Count Partai di Pemilu 2024, Bagaimana Dengan PSI?

Menurut data quick count yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih memimpin dalam perolehan suara Pemilu 2024 dengan 15,89%, diikuti oleh Partai Golkar dengan 14,45% dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 13,62%. Partai baru bernama Partai Solidaritas Indonesia juga meraih suara sebesar 3,05% dalam usahanya untuk mencapai ambang batas parlemen sebesar 4%. 

PDIP Puncaki Hasil Quick Count Partai di Pemilu 2024, Bagaimana Dengan PSI?

balikpapantv.co.id-Data hasil quick count oleh Indikator Politik Indonesia menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih mendominasi perolehan suara pada Pemilu 2024. Pada Rabu, 14 Februari 2024, pukul 20.00 WIB, hasil quick count menunjukkan bahwa partai yang memakai lambang banteng ini meraih suara sebesar 15,89%.

Pada posisi kedua, Partai Golkar menyusul dengan perolehan suara sementara sebesar 14,45%, sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan suara sementara sebesar 13,62%. Terdapat partai baru yang juga berjuang untuk mencapai ‘parliamentary threshold’ atau ambang batas parlemen yang ditetapkan sebesar 4%, yakni Partai Solidaritas Indonesia dengan perolehan suara sementara sebesar 3,05%.

Indikator Politik Indonesia juga melaporkan bahwa jumlah suara yang telah masuk dalam hasil quick count Pemilu 2024 mencapai 42,37%. Angka partisipasi publik dalam pilpres tersebut juga mencapai 77,87%. Hasil tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam memilih calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif di Pemilu 2024.

Pada Pemilu 2019, sesuai dengan data resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP juga menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak sebesar 19,38%. Kemudian disusul oleh Partai Gerindra dengan perolehan suara sebesar 12,57% dan Partai Golkar dengan perolehan suara sebesar 12,19%. Terdapat dua partai baru yang berhasil lolos parliamentary threshold, yakni Partai Demokrat dengan perolehan suara sebesar 9,74% dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan suara sebesar 8,21%.

Namun demikian, hasil quick count belum tentu mencerminkan hasil resmi dari KPU. Oleh karena itu, masih tetap perlu menunggu hasil resmi dari KPU untuk mengetahui siapa pemenang dari Pemilu 2024 serta posisi partai politik dengan perolehan suara terbanyak di tingkat nasional.