Multitasking Jadi Syarat Ketat Pemerintah Terapkan Untuk PNS Yang Akan Pindah ke IKN

Pemerintah melalui Kementerian PANRB akan memindahkan ASN ke IKN untuk menciptakan budaya birokrasi baru yang berbasis digital dan ASN yang dipindahkan harus memenuhi syarat yang ketat, seperti keterampilan dan kemampuan multitasking serta literasi digital yang diukur oleh BKN.

Multitasking Jadi Syarat Ketat Pemerintah Terapkan Untuk PNS Yang Akan Pindah ke IKN
ASN yang dipindahkan ke IKN harus memenuhi syarat dalam penguasaan skill dan kemampuan multitasking, serta literasi digital yang telah diukur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

balikpapantv.co.id-Kementerian PANRB menyatakan bahwa pemindahan ASN ke IKN bertujuan menciptakan budaya birokrasi baru berbasis digital. Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, ASN yang dipindahkan ke IKN atau direkrut melalui jalur CASN 2024 harus diseleksi secara ketat dan memenuhi syarat-syarat tertentu, termasuk keterampilan dan kemampuan multitasking. Tujuannya adalah untuk menciptakan birokrasi terbaik di IKN yang merupakan impian bersama.

“Untuk itu kita di IKN tidak hanya memindahkan ASN saja, namun bagaimana kita menciptakan budaya birokrasi baru yang berbasis digital disana. Sehingga diperlukan ASN yang tidak hanya bagus secara nilai akademik saja namun juga memiliki skill dan bisa multitasking,” kata Menteri Anas dalam keterangan resmi, Selasa (30/1).

Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini, menambahkan bahwa ASN yang dipindahkan ke IKN harus memenuhi syarat dalam penguasaan skill dan kemampuan multitasking, serta literasi digital yang telah diukur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Persyaratan kompetensi yang lain tentunya mereka harus menguasai penerapan nilai-nilai BerAKHLAK,” jelas Rini.

Rini juga menjelaskan prinsip-prinsip dalam pemindahan ASN ke IKN, termasuk pemindahan seluruh ASN K/L yang bekerja di Satuan Kerja (Satker) Pusat dan dilakukan secara bertahap sesuai penapisan kelembagaan serta ketersediaan hunian yang didapat oleh setiap ASN.Selain itu, ASN yang dipindahkan pada tahap pertama akan diberikan tunjangan khusus sebagai pionir dan formasi CPNS Tahun 2024 akan diberikan prioritas untuk pindah ke IKN.

Pada tahap pertama, sebanyak 3.246 ASN dari 37 kementerian/lembaga akan dipindahkan ke IKN dan pemindahan akan dilakukan secara bertahap dari bulan Juli hingga November 2024. Untuk ASN yang dipindahkan pertama, pemerintah telah menyiapkan 1.740 hunian. Menteri PANRB juga mengatakan bahwa pemerintah sedang membahas pemberian tunjangan khusus kepada ASN yang dipindahkan ke IKN, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Mengenai besaran tunjangan yang diusulkan, tahapan, dan masa pemberlakuan akan dibahas dengan Kemenkeu. Semoga ini menjadi penguatan minat ASN untuk berada dan tinggal di IKN, melengkapi lingkungan yang bersih, udara dan sehat dan sarana prasarana pendukung yang baik," ujar Anas pada akhir tahun lalu.