Minimnya Curah Hujan di Balikpapan Buat Level Air Waduk Manggar Turun di Bawah Batas Aman

Meski hujan telah turun namun dampaknya belum terlalu besar pada tingkat ketersediaan air di waduk Manggar. Hal ini dapat dilihat dari level air waduk yang saat ini hanya naik tipis dari 6,79 meter menjadi 6,93 meter

Minimnya Curah Hujan di Balikpapan Buat Level Air Waduk Manggar Turun di Bawah Batas Aman
Hingga saat ini, level air di waduk Manggar masih belum mencapai batas aman yakni hanya sebesar 6,93 meter.

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN-Kondisi minimnya curah hujan yang terjadi di sekitar Balikpapan, Kalimantan Timur telah berdampak negatif pada tingkat ketersediaan air di waduk Manggar yang terletak di kawasan tersebut. Hingga saat ini, level air di waduk Manggar masih belum mencapai batas aman yakni hanya sebesar 6,93 meter.

Menurut Suryo Hadi Prabowo, Kasubag Customer Service Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mahakam Balikpapan, hal ini berdampak pada kapasitas produksi air bersih yang hanya mencapai kisaran 50 persen dari kapasitas normal. Seperti yang dijelaskan oleh Prabowo, level air normal untuk waduk Manggar sekitar 10,30 meter.

Prabowo juga mengatakan bahwa meski hujan telah turun namun dampaknya belum terlalu besar pada tingkat ketersediaan air di waduk Manggar. Hal ini dapat dilihat dari level air waduk yang saat ini hanya naik tipis dari 6,79 meter menjadi 6,93 meter akibat dari curah hujan yang minim.

Dampak dari bulan-bulan kemarau yang terjadi di sekitar Balikpapan membuat masyarakat di kawasan tersebut mulai kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih yang memadai. Warga mulai mengalami kesulitan dalam mengakses pasokan air bersih sehari-hari.

Menurut para ahli, minimnya curah hujan saat ini bukan hanya terjadi di Kalimantan Timur saja, namun telah mempengaruhi sejumlah wilayah lain di Indonesia. Kondisi tersebut diyakini menjadi efek dari perubahan iklim global yang terjadi selama beberapa dekade terakhir.

Untuk mengatasi situasi ini, pihak yang berwenang seperti Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mahakam Balikpapan harus segera mengambil tindakan untuk meningkatkan kapasitas produksi air bersih. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat memahami situasi saat ini dan menghemat penggunaan air mereka.

Dengan begitu, harapan ketersediaan air bersih di waduk Manggar dan sekitarnya dapat segera teratasi. Tidak ketinggalan, edukasi juga harus ditingkatkan agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan meminimalisir dampak perubahan iklim global yang semakin parah.