Mengenal Tiga Tips Mudah Merawat Kesehatan Rambut Agar Terhindar dari Kerusakan dan Kusut

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa merawat kesehatan rambut juga bisa dilakukan dengan cara sederhana sehari-hari dengan mudah

Mengenal Tiga Tips Mudah Merawat Kesehatan Rambut Agar Terhindar dari Kerusakan dan Kusut
Merawat kesehatan rambut ti

balikpapantv.co.id- Merawat kesehatan rambut tidak selalu harus dilakukan dengan cara salon, creambath, atau menggunakan produk hair care lainnya. Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa merawat kesehatan rambut juga bisa dilakukan dengan cara sederhana sehari-hari. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan tips kecantikan berikut yang diambil dari YouTube Pricebook Beauty, mengenai tiga cara mudah merawat rambut.

1.Keramas

keramas adalah aktivitas penting untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran. Namun, hindarilah keramas yang terlalu berlebihan, karena penggunaan shampoo yang berlebihan dapat menghilangkan minyak penting pada kulit kepala dan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, gatal, bahkan berketombe. Tergantung pada jenis rambut, jumlah keramas yang disarankan dapat bervariasi, dan dilakukan sesuai kebutuhan.

2.Gunakan handuk yang benar saat mengeringkan rambut

 Jangan menggunakan handuk dalam cara menggosok rambut saat mengeringkannya, karena hal ini dapat membuat rambut menjadi cepat rusak dan rapuh. Saat mengeringkan rambut, alihkan helai rambut dari bagian bawah ke atas. Setelah itu, bilas rambut dengan handuk perlahan dan menekannya secara bertahap pada rambut untuk mengurangi kelebihan air.

3.Ketahui keramas dengan cara yang benar

Terdapat perdebatakan mengenai penggunaan air dingin atau air panas saat keramas. Penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dapat membuat rambut menjadi kering dan bahkan rontok jika sudah terlalu kering. Sebaliknya, penggunaan air dingin membuat rambut lebih mudah berminyak, sehingga menjadi lebih lepek. Oleh karena itu, sebaiknya awali dengan membasahi rambut dengan air hangat untuk membuka kutikula sebelum keramas. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin sehingga kutikula terlihat tertutup kembali.

Dengan menerapkan tiga hal di atas, kita dapat merawat kesehatan rambut secara mudah dengan kebiasaan sehari-hari. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki kualitas rambut tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.