Makna dan Tujuan Yu Sheng,Kuliner Khas Imlek 

Yu Sheng adalah hidangan salad khas perayaan Tahun Baru Imlek yang terdiri dari irisan halus sayuran dan buah serta ikan salmon atau tuna. Menurut buku "The Food of China" karya E.N. Anderson dan penelitian dari Institut Kajian Makanan dan Budaya, Yu Sheng melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan umur panjang dalam budaya Imlek. 

Makna dan Tujuan Yu Sheng,Kuliner Khas Imlek 
Yu Sheng adalah hidangan khas perayaan Tahun Baru Imlek yang memiliki makna keberuntungan

balikpapantv.co.id- Yu Sheng adalah makanan khas perayaan Tahun Baru Imlek yang berupa salad berisi irisan halus sayuran dan buah, ditambah ikan salmon atau tuna di atasnya. Makanan ini memiliki makna dan filosofi penting dalam budaya Imlek. Menurut buku "The Food of China" karya E.N. Anderson dan penelitian dari Institut Kajian Makanan dan Budaya, Yu Sheng melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan umur panjang. 

Setiap bahan yang digunakan dalam salad menggambarkan harapan dan keinginan masyarakat, seperti wortel untuk sukses, daun ketumbar untuk harapan tertinggi, dan seledri untuk keuntungan dalam bisnis. Warna-warna yang digunakan dalam makanan juga memiliki keterkaitan dengan pewarnaan tradisional dalam budaya Imlek.

Yu Sheng adalah hidangan khas perayaan Tahun Baru Imlek yang memiliki makna keberuntungan bagi yang mempercayainya. Selain menawarkan rasa yang lezat, Yu Sheng juga mengandung simbolisme dan makna yang mendalam, membuatnya menjadi tradisi yang tak terpisahkan dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Pada saat menikmatinya, setiap anggota keluarga harus mengangkat Yu Sheng setinggi mungkin, menandakan harapan akan sukses dan kesejahteraan di tahun yang baru.

Semakin tinggi seseorang mengangkat Yu Sheng, semakin besar kemungkinan harapan mereka terkabul. Tradisi penyajian Yu Sheng melibatkan mencampurkan semua bahan bersama-sama di atas meja, menciptakan momen kebersamaan dan harapan akan keberuntungan. Beberapa filosofi yang terkandung dalam Yu Sheng meliputi:

  1. Sayuran dan buah-buahan yang diiris halus mewakili keberuntungan dalam hidup.
  2. Ikan salmon atau tuna yang ditempatkan di atas hidangan melambangkan kemakmuran dan berkat keuangan.
  3. Keju dan makanan ringan saat perayaan Tahun Baru Imlek mewakili kegembiraan dan keceriaan.
  4. Momen mengangkat Yu Sheng tinggi-tinggi dan mencampurnya bersama-sama mewakili harapan keberuntungan dan kesuksesan.
  5. Mengonsumsi hidangan secara bersamaan juga mewakili kebersamaan dalam keluarga dan persatuan di antara masyarakat Imlek.