Lobi Gerindra, PAN Sodorkan Nama Menteri BUMN Dampingi Prabowo Dalam Pilpres 2024

Secara elektoral, berdasar hasil survei, peluang keterpilihan PAN menilai Erick Thohir merupakan sosok ideal.

Lobi Gerindra, PAN Sodorkan Nama Menteri BUMN Dampingi Prabowo Dalam Pilpres 2024
Erick Thohir termasuk salah satu yang masuk ’’radar’’ Prabowo.

balikpapan.co.id , JAKARTA - Menjelang Pilpres 2024 para elite Partai Politik (Parpol) sibuk melakukan lobi-lobi politik. Pada hari Senin (5/6) giliran PAN yang bertemu jajaran Partai Gerindra dalam pertemuan itu salah satunya membahas sosok calon wakil presiden (bacawapres) yang akan disandingkan dengan Prabowo Subianto.

Dalam pertemuan tersebut bukan nama Ketua Umum (Ketum) Zulkifli Hasan atau disapa akrab Zulhas,melainkan nama Menteri BUMN,Erick Thohir,Erick sendiri menilai sosok yang tepat mendampingi Prabowo. Hal itu disampaikan Sekjen PAN Eddy Soeparno. Menurutnya pertemuan dengan Gerindra merupakan upaya penjajakan, Sebab parpol berlambang matahari putih tersebut belum memiliki keputusan bergabung dengan PDIP, Gerindra, ataupun poros lainnya.

“Kita dalam posisi masih mencari kecocokan, dan untuk urusan Pak Erick Thohir, sudah masuk dalam menu pertemuan wajib” ujarnya di Kantor DPP PAN Jakarta.

Secara elektoral, berdasarkan hasil survei, peluang keterpilihan PAN menilai Erick Thohir merupakan sosok ideal. Secara kultural Erick punya kedekatan yang kuat dengan PAN maupun Zulhas yang notabene kawan satu kampung.

Lalu bagaimana dengan potensi poros keempat Airlangga-Zulkifli Hasan? Eddy menyebut, opsi itu belum padam. Apalagi Zulkifli merupakan kader internal. "Ini tentu salah satu opsi terbuka," ujarnya.

Dia menduga, dalam lima bulan ke depan, sikap dan peta pelukan akan mengerucut. Sementara itu menurut Ahmad Muzani Sekjen Partai Gerindra siapa pun nama yang diusulkan partai, pasti sosok yang baik dan sudah melalui berbagai pertimbangan. Namun, Gerindra memiliki mekanisme partai.

"Kami akan menyampaikan hasil pembicaraan (dengan PAN) pada Pak Prabowo Subianto," katanya. Meski demikian, dia membenarkan bahwa nama Erick Thohir termasuk salah satu yang masuk radar Prabowo.

Saat ini Gerindra sudah memiliki rekan rekannya, yakni PKB. Selain itu, dalam menentukan calon cawapres, Prabowo akan meminta pendapat banyak pihak. Mulai tokoh masyarakat, ulama, hingga Presiden Jokowi.