Libatkan 98 Kota di Indonesia, Rakernas APEKSI Akan di Gelar di Bulan Juni di Balikpapan

Sekda Muhaimin ST MT memimpin rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dalam persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI 2024 pada bulan Juni mendatang. Salah satu topik yang dibahas adalah persiapan Indonesia City Expo yang merupakan rangkaian dari Rakernas APEKSI 2024 yang akan dilaksanakan di Balikpapan sebagai tuan rumah. 

Libatkan 98 Kota di Indonesia, Rakernas APEKSI Akan di Gelar di Bulan Juni di Balikpapan

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN-Sekda Muhaimin ST MT memimpin rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dalam persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI 2024 pada bulan Juni mendatang. Kepala dinas dan pejabat terkait Pemkot Balikpapan juga hadir dalam rapat tersebut di VIP Room Balaikota Balikpapan.

 Rapat koordinasi membahas persiapan Indonesia City Expo yang akan diluncurkan sebagai rangkaian dari Rakernas APEKSI 2024 di Balikpapan sebagai tuan rumah. Sekda Muhaimin memaparkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk paparan umum, persiapan launching, dan pelaksanaan Rakernas APEKSI.

“Insyaallah launching Rakernas akan kami laksanakan tanggal 29 Februari di Hotel Novotel. Pihak Disporapar juga telah melakukan koordinasi dengan pihak hotel. Prinsipnya kami sudah siap,” jelas Muhaimin.

Para peserta APEKSI akan bertemu dengan Wali Kota Rahmad Mas’ud pada 28 Februari mendatang untuk melakukan pengambilan nomor urut pawai budaya serta meluncurkan kegiatan Indonesia City Expo yang menjadi salah satu rangkaian dari Rakernas APEKSI ke-17. Acara ini akan berlangsung pada 3-6 Juni 2024. 

Sekda Muhaimin berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI meliputi gala dinner, Indonesia City Expo (ICE), pawai budaya, ladies program, Youth City Changers (YCC), pentas seni, city tour, pawai dan penanaman pohon.

“Panitia daerah nanti akan diundang untuk hadir bersama. Juga ada ekspos Wali Kota untuk Rakernas APEKSI,” ditambahkan Asisten Tata Pemerintah Setdakot Zulkifli.

Sekda Balikpapan akan memimpin sebagai Ketua Umum kegiatan Rakernas APEKSI ini, sedangkan Asisten Tata Pemerintah Setdakot Balikpapan akan menjadi Ketua Harian. Para pelaksana telah melakukan koordinasi yang intens dengan seluruh OPD yang terkait. Terdapat OPD yang akan berperan mengkoordinir rangkaian kegiatan, seperti Disdikbud yang akan mengkoordinir pawai budaya, dan Disporapar yang akan melaksanakan kegiatan Youth City Changers serta pameran UMKM dan lainnya.

 Terdapat juga kegiatan istri kepala daerah yang melibatkan Ketua Dekranasda dan UMKM. Sekda Muhaimin berharap bahwa 98 kota yang akan terlibat dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI.