Kunjungi Booth PLN di IIMS 2024, Penggiat Otomotif Sebut Infrastruktur EV Kian Masif

IIMS 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmen penuh dari pihak PLN untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik melalui dukungan infrastruktur yang matang dan layanan pendukung, serta memberi kemudahan bagi masyarakat melalui aplikasi PLN Mobile yang menyediakan fitur Electric Vehicle Digital Services 

Kunjungi Booth PLN di IIMS 2024, Penggiat Otomotif Sebut Infrastruktur EV Kian Masif

balikpapantv.co.id,JAKARTA- Atenx mengakui bahwa IIMS 2024 yang sedang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, adalah ajang bagi PT PLN (Persero) untuk mempromosikan ekosistem kendaraan listrik di masyarakat. Dia terkesima dengan perkembangan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia yang semakin masif, terutama untuk motor listrik. 

Dalam booth PLN yang bertema The Future Lifestyle Experience, PLN menunjukkan berbagai keunggulan kendaraan listrik dan fasilitas layanan pengisian baterai yang tersedia saat ini. Dukungan infrastruktur kendaraan listrik dari PLN yang sangat matang akan memungkinkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik secara lebih luas, jelas Atenx, alasan tersebut adalah kendaraan listrik dapat menekan angka polusi dan memiliki banyak keunggulan.

“Karena sebelumnya agak-agak ragu, tapi di tahun ini lebih trust sama motor listrik dan infrastruktur pendukungnya. Gue harapin, nggak cuma gue doang tapi masyarakat juga bisa mulai untuk menggunakan motor listrik. Supaya menekan angka polusi dan lebih enak juga,” kata Atenx.

Atenx mengatakan bahwa kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga lebih hemat dan murah perawatannya. Karena menggunakan baterai, kendaraan listrik lebih efisien dalam hal penggunaan energi. Selain itu, perawatannya juga lebih murah karena lebih sedikit memerlukan zat-zat seperti oli. 

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmen penuh dari pihak PLN untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik dari segi infrastruktur dan layanan pendukung. Ia meyakini bahwa ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik akan membantu masyarakat semakin yakin untuk beralih ke kendaraan listrik.

“Kami sudah sangat siap dalam hal infrastruktur kendaraan listrik, PLN telah memasok listrik andal bagi 1.124 SPKLU dan 1.839 SPBKLU yang tersebar di 776 lokasi seluruh Indonesia untuk melayani masyarakat,” ungkap Darmawan.

Darmawan menekankan bahwa PLN memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile yang menyediakan fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS). Melalui EVDS, pelanggan dapat memenuhi semua kebutuhan kendaraan listrik dalam satu platform, mulai dari transaksi pembelian token listrik, penambahan daya, hingga pembelian kendaraan listrik baru. Sehingga, PLN Mobile tidak hanya digunakan untuk transaksi pembelian token listrik saja.

“Saat ini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke showroom untuk melihat kendaraan listrik yang ingin mereka beli, tinggal membuka aplikasi PLN Mobile, semuanya telah tersedia. Mulai dari pembelian token listrik,  informasi tentang lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU terdekat hingga pembelian kendaraan listrik pun ada,” pungkas Darmawan.