KPU Kubar Menjamin Jumlah Tahanan Sesuai DPT

Untuk memastikan hak suara narapidana dalam Pemilu 2024, KPU Kubar saat ini sedang mengidentifikasi jumlah pemilih di kalangan narapidana dan berkoordinasi dengan Polres dan Kejaksaan Kubar. Oleh karena itu, KPU Kubar akan melakukan pembaruan data pada tanggal 7 Februari atau tujuh hari sebelum hari pemungutan suara. Tujuan dari pendataan adalah untuk memastikan bahwa ada DPTb yang mencakup tahanan Polres Kubar yang belum terdaftar dalam DPT.

KPU Kubar Menjamin Jumlah Tahanan Sesuai DPT

balikpapantv.co.id,SENDAWAR-Dukungan suara narapidana penting dalam pemilu dan KPU Kubar tengah mengidentifikasi jumlah pemilih di antara para narapidana. KPU juga berkoordinasi dengan Polres dan Kejaksaan Kubar untuk memastikan tahanan Polres Kubar dan warga lainnya dapat berpartisipasi dalam pemilu dengan akses yang sama. Pemungutan suara dilakukan pada Pemilu 2024.

“Di polres ini ada tahanan polres dan tahanan kejaksaan. Nah pada H-14 atau tanggal 1 Februari lalu, kita lakukan pendataan. Karena di tahanan itu, belum tentu semuanya terdaftar di dalam daftar pemilih, itu yang kita cek,” kata Lejau.

Lejau menjelaskan bahwa meskipun KPU Kubar telah melakukan identifikasi pemilih di kalangan narapidana, data tersebut masih tidak bisa dijadikan acuan pada hari pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari. Oleh karena itu, KPU Kubar akan melakukan pembaruan data pada tanggal 7 Februari atau tujuh hari sebelum hari pemungutan suara pada Pemilu 2024.

“Namanya tahanan beda dengan di lapas. Kalau di lapas itu, dia sudah mempunyai ketetapan hukum, dan dia tahu berapa lama ditahan. Tetapi kalau di tahanan ini, satu dua hari bisa keluar, dioper ke lapas. Makanya kita update kembali di H-7,” jelasnya.

Lejau juga mengatakan bahwa tujuan dari pendataan tersebut adalah untuk memastikan bahwa ada alokasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang mempertimbangkan tahanan Polres Kubar bisa menggunakan hak suaranya pada tanggal 14 Februari 2024. Penyusunan DPTb diperlukan karena tidak semua tahanan terdaftar dalam DPT. Ia menambahkan bahwa pendataan diperlukan untuk mendaftarkan tahanan yang belum terdaftar dalam DPTb.