Kejar-kejaran Suara DPR RI Dapil Kaltim Dua Politikus Senior NASDEM Kaltim Tidak Lolos

PKB mengirimkan Syafruddin sebagai wakilnya untuk mewakili aspirasi Kaltim di pusat dan menggantikan kursi yang sebelumnya diduduki oleh PDIP. Awang Faroek Ishak dari Partai NasDem, tidak kemungkinan terpilih kembali ke Senayan dengan perolehan suara 7.912 suara pada selasa tanggal 20 februari 2024,pukul 13.30 WITA menurut data pada situs pemilu 2024.kpu.go.id,terlihat baru satu nama yang mencolok dari partai besutan Surya Paloh ini untuk calon legislatif DPR RI Dapil Kaltim yaitu Nabil Husein yang merupakan orang baru, seharusnya jumlah kursi NasDem lebih banyak mengingat komposisi caleg-nya yang memiliki figur mantan wali kota Balikpapan dan mantan gubernur Kaltim dengan basis massa.

Kejar-kejaran Suara DPR RI Dapil Kaltim  Dua Politikus Senior NASDEM Kaltim Tidak Lolos

balikpapantv.co.id-PKB akan mengirimkan Syafruddin sebagai wakilnya untuk mewakili aspirasi Kaltim di pusat, menggantikan satu kursi yang sebelumnya diduduki oleh PDIP. Saat ini, jumlah suara pileg dapil Kaltim yang masuk mencapai 42,51 persen. Tiga partai politik dengan perolehan suara terbesar yang diproyeksikan mengisi kursi di Senayan adalah Golkar, Partai Gerindra, dan PDIP dengan jumlah suara berturut-turut 126.329, 66.038, dan 62.957 suara. Partai NasDem menempati urutan keempat dengan perolehan suara terbanyak sebesar 49.722 suara, diikuti oleh PKB dengan 40.757 suara, Partai Demokrat dengan 31.851 suara, dan PKS dengan 31.272 suara.

Dalam metode perhitungan kursi anggota legislatif dengan metode Sainte-Lague, hanya Partai Golkar yang mendapatkan dua kursi, dengan bilangan pembagi yang dapat dibagi habis tiga-tiga. Meskipun 80 persen dari calon anggota legislatif Kaltim adalah wajah lama, tetapi ada dua wajah baru yaitu Syafruddin dari PKB dengan perolehan suara sementara 30.767 suara dan Nabil Husien Said Amin Alrasydi dengan perolehan suara sementara 21.676 suara.

Wajah lama seperti Rudy Mas'ud dari Partai Golkar, Budisatrio Djiwandono dari Partai Gerindra, Irwan dari Partai Demokrat, Safaruddin dari PDIP, dan Aus Hidayat Nur dari PKS akan diprediksi kembali mengisi kursi DPR RI dapil Kaltim. Selain itu, Hetifah Sjaifudian dari Partai Golkar juga diperkirakan akan kembali terpilih dengan mengumpulkan 36.118 suara.

Andhika Hasan dari PDIP dan Awang Faroek Ishak dari Partai NasDem, keduanya caleg petahana kemungkinan tidak akan dipilih kembali ke Senayan dengan perolehan suara sementara 12.426 dan 7.252 suara, masing-masing. Pencopotan politikus PDI Ismael Thomas, mantan Bupati Kubar karena skandal korupsi dan digantikan oleh Andhika Hasan memberikan ruang tersendiri bagi PKB untuk masuk ke Senayan.

“Pemain Veteran” NASDEM Tumbang,”Pemain Baru” NASDEM Masuk

Ada satu kursi lagi dari Partai NasDem yang berpotensi berpindah, dimana kursi tersebut sebelumnya diduduki oleh Awang Faroek Ishak. Ada kemungkinan Nabil Husien mengambil kursi tersebut, namun pergerakan suara bisa berubah mengingat ada beberapa suara yang belum dihitung dari NasDem. Terlepas dari itu, seharusnya jumlah kursi NasDem seharusnya lebih banyak jika dilihat dari komposisi caleg-nya, yang memiliki mantan wali kota Balikpapan, mantan gubernur Kaltim dan memiliki basis massa. Sehingga, jumlah kursi NasDem saat ini termasuk sedikit bila melihat figur yang ada.