Kaltim Dianggap Punya Indeks Kerawanan Pemilu, Mahfud Pun Datang.

Kenapa kita memilih Kalimantan Timur khususnya di kota Balikpapan ini, karena Kalimantan Timur memiliki indeks kerawanan pemilu yang tinggi. Hal itu terkuak berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Bawaslu,

Kaltim Dianggap Punya Indeks Kerawanan Pemilu, Mahfud Pun Datang.
Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah yang dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN- Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam) Mahfud MD berharap pagelaran pemilu 2024 bisa berjalan kondusif.

Harapan itu disampaikan Mahfud ketika bertemu dengan beberapa instansi,seperti KPU, Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian terkait penegakan sentra hukum terpadu (Gakkumdu) dalam tindak pidana Pemilu yang bertempat di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Selasa (20/6).

Terpilihnya KalimantanTimur (Kaltim) oleh Kemenkopolhukam dalam pelaksanaan diskusi Gakkumdu ini dikarenakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bawaslu RI terhadap sejumlah daerah yang memiliki potensi tingkat kerawanan pada Pemilu 2024, Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah yang dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi.

"Kenapa kita memilih Kalimantan Timur khususnya di kota Balikpapan ini, karena Kalimantan Timur memiliki indeks kerawanan pemilu yang tinggi. Hal itu terkuak berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Bawaslu,” ucapnya pada Selasa (20/6).

Dengan adanya pertemuan tersebut pemerintah mengharapkan pemilu harus semakin baik dari waktu ke waktu sesuai dengan regulasi yang telah di tetapkan.

"Artinya, kita maju dan maju terus. Belajar dari pengalaman masa lalu untuk memperbaiki masa depan.Bentuk pelanggarannya itu bisa bermacam-macam ya. Karena ada 66 pasal tadi, pelanggarannya bisa pemalsuan dokumen, politik uang,” ujarnya.