IKN Bakal Dipenuhi Kantor Kedutaan, Kaltim Mungkin Turut Kecipratan Investasi

Banyak negara berkunjung ke IKN, tentu tidak hanya sekedar melihat potensi tetapi mereka mengcapture apa yang selama ini menjadi penopang ekonomi Bumi Etam.

IKN Bakal Dipenuhi Kantor Kedutaan, Kaltim Mungkin Turut Kecipratan Investasi
Sekprov Kaltim, Sri Wahyuni,

balikpapantv.co.id , BALIKPAPAN-Banyak negara akan membangun kantor kedutaan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Meski saat ini, Pemerintah Indonesia masih bergelut dengan pembangunan infrastruktur penunjang IKN.

“Kalau mereka sudah datang keBsini, lihat juga potensinya langsung ke IKN, peluang-peluang kerja sama dengan kita,” kata, Sri Wahyuni, Sekprov Kaltim, Jumat (19/5/2023).

Potensi investor ikut berdatangan ke Kaltim seiring minat negara-negara melihat potensi di IKN.

Pemprov Kaltim melihat, banyak negara yang hadir ke IKN, tentu tidak sekedar melihat potensi tetapi mereka menangkap apa yang selama ini menjadi penopang ekonomi Bumi Etam.

“Karena negara-negara ini, mereka selain di IKN selain menyediakan kantor kedutaan besar, jadi sudah mulai investasi ke hal lain” ucapnya.

Kemenlu RI dalam forum kerjasama negara MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki and Australia) di Balikpapan pekan kedua Mei 2023 lalu juga merupakan potret perkembangan investasi dua wilayah.

Kaltim menawarkan dari sisi wilayah dan potensi penyangga ibu kota baru

“Mungkin teman-teman sudah dengar saudi arabia juga kita ketahui akan membangun Islamic Center terbesar di IKN, Turki juga sangat antusias terhadap teknologi informasi, bidang multimedia. Nah, kita punya ITK (Institut Teknologi Kalimantan).perguruan tinggi yang fokus di bidang teknologi untuk mendukung kebutuhan dunia industri di Balikpapan, mungkin saja akan dikerjasamakan,” paparnya.

“Kita belum tahu ya, karena MIKTA dengan Kemenlu, tapi ke Brazil kemarin kita terkoneksi langsung oleh Bank Dunia,” lanjutnya

Sri Wahyuni ​​menyatakan negara lain juga akan sama-sama datang ke Kaltim dan menyatakan minat.

Selain IKN, Provinsi Kaltim turut serta menciptakan peluang-peluang investasi ke depan.

Karena memang, upaya pemerintah pusat dalam pemerataan ekonomi juga mulai terasa, di seluruh Pulau Kalimantan dengan adanya IKN.

“Negara lain butuh mengambil data agar tahu kondisinya, jadi ketika IKN sudah selesai mereka siap (ready), tidak di IKN saja, bisa jadi sekitar wilayah IKN,” tegasnya.