Hasil Transformasi Berbuah Kian Lebat, PLN Raih 779 Penghargaan Sepanjang 2023
Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN mengungkapkan, bahwa transformasi PLN secara konsisten dan berkelanjutan melalui digitalisasi dan terobosan di berbagai bidang telah memberikan dampak positif yang besar bagi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan.

balikpapantv.co.id,JAKARTA- Transformasi dan inovasi berbasis digitalisasi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) dalam tiga tahun terakhir telah membuahkan hasil. Dalam kepemimpinan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, perusahaan telah meraih 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional hingga internasional sepanjang tahun 2023.
Dalam hal pengelolaan lingkungan hidup, Darmawan memberikan kepemimpinan yang kuat sehingga ia meraih penghargaan tertinggi Green Leadership Utama dalam Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada bulan Desember tahun lalu.
Dalam ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia, Darmawan meraih predikat sebagai "Male Executive of the Year". Tidak hanya itu, PLN juga berhasil mengungguli perusahaan kelistrikan dan energi se-Asia dengan menyabet 5 (lima) penghargaan bergengsi dari 12 kategori yang ada.
Berhasil memimpin PLN dengan luar biasa dan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis, Darmawan juga dinobatkan sebagai CEO Of The Year dari CNBC Indonesia dalam dua tahun berturut-turut. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilannya dalam melakukan transformasi digital di tubuh PLN dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia.
Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN mengungkapkan, bahwa transformasi PLN secara konsisten dan berkelanjutan melalui digitalisasi dan terobosan di berbagai bidang telah memberikan dampak positif yang besar bagi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan.
"Proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. PLN melakukan digitalisasi pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, perencanaan hingga pengelolaan keuangan, yang membuat perusahaan semakin efisien dan kokoh," ujar Darmawan.
PLN, sebagai perusahaan induk, telah meraih 318 penghargaan di berbagai bidang, baik di tingkat nasional hingga internasional. Pelayanan terbaik yang diberikan PLN kepada pelanggan memberikan apresiasi dunia internasional, dengan meraih dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober. Tidak hanya itu, Contact Center PLN 123 juga sukses membawa pulang 8 penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus. Selain itu, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 pada bulan Oktober, berkat transformasi yang dilakukan dari segi human capital.
PLN juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah, salah satunya adalah menerima 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di bulan Desember 2023. Capaian ini menjadi yang terbaik dari perseroan sepanjang sejarah, dengan melebihi pencapaian tahun sebelumnya, yang hanya sebanyak 15 PROPER Emas.
Pada ajang Subroto Award 2023 yang digelar pada bulan September oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN berhasil menyabet delapan penghargaan, sebagai apresiasi dari Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.
Dalam ajang Indonesia’s SDGs Action Awards yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) pada kategori Pelaku Usaha Besar pada bulan November, PLN juga meraih penghargaan.
Kinerja keuangan PLN pun terus meningkat, dengan mampu mengelola utang perusahaan dengan sangat baik. Bahkan, Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan debitur terbaik kepada PLN sebanyak 4 kali secara berturut-turut sejak 2020 hingga 2023.
Pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 yang diselenggarakan pada bulan Maret oleh Kementerian BUMN, PLN berhasil memborong lima penghargaan, yaitu dua penghargaan pada kategori Communication dan tiga penghargaan pada kategori Sustainability, juga memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi 'Informatif' dari Komisi Informasi Pusat pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023 di bulan Desember. Capaian ini menjadi sejarah bagi PLN yang sebelumnya hanya memiliki kualifikasi 'Menuju Informatif'.
PLN mendapat penghargaan dari berbagai stakeholder, seperti lima anugerah kehumasan dalam ajang Public Relations Indonesia Awards 2023 di bulan Maret serta ajang Indonesia Government Public Relation Awards (IGA) 2023 dengan tiga kategori di bulan Juni.
Berkat komitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan, PLN berhasil memborong 28 penghargaan dalam ajang Indonesian CSR Awards (ICA) 2023 dan Indonesian SDGs Awards (ISDA) pada bulan Desember. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN membawa pulang 39 penghargaan sekaligus di ajang Top CSR Awards 2023 di bulan Juni, dengan tiga di antaranya, kategori TOP CSR Award 2023 on Stars 5, TOP CSR Golden Trophy 2023, dan TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.
Prestasi ini tidak hanya diraih PLN holding, tetapi juga subholding dengan total 427 dan anak perusahaan dengan total 34 penghargaan, yang diraih berkat kinerja apik seluruh subholding dan anak usaha PLN.
Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN mengatakan, bahwa deretan penghargaan yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh Insan PLN dan juga tidak lepas dari dukungan pemerintah.
"Berbagai penghargaan ini tidak lepas dari dukungan dan arahan pemerintah yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara. Tentunya juga kontribusi seluruh insan di PLN turut membantu dalam berbagai capaian ini," ujar Darmawan.
Dalam rentetan prestasi yang diraih, PLN tidak berpuas diri. Darmawan menekankan bahwa penghargaan bukanlah tujuan yang dikejar, melainkan menjadi faktor pendorong bagi PLN untuk terus meningkatkan kinerja dan layanan berkelanjutan bagi masyarakat. PLN akan terus berinovasi dan bertransformasi untuk memberikan kualitas layanan dan kinerja terbaik bagi pelanggan serta menunjukkan komitmen dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
"Berbagai capaian ini akan menjadi pemecut semangat kami untuk terus bertransformasi dalam proses bisnis maupun memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," pungkas Darmawan.