Guna Penuhi Kebutuhan Ratusan Ribu ASN di IKN,Pemerintah Berencana Lakukan Perekrutan Lulusan Baru

Pusat pemerintahan akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Pemerintah menyiapkan 200 ribu posisi ASN baru untuk IKN. Pemindahan ASN akan dipertimbangkan dengan baik dan dilakukan secara bertahap. Pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di IKN sedang dikerjakan oleh PUPR dan menjadi pondasi utama untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor.

Guna Penuhi Kebutuhan Ratusan Ribu ASN di IKN,Pemerintah Berencana Lakukan Perekrutan Lulusan Baru

balikpapantv.co.id-Di pertengahan tahun ini, pusat pemerintahan akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Ratusan ribu pegawai baru diperlukan untuk IKN selain pembangunan infrastruktur dan gedung pemerintahan. 

Pemerintah akan menyiapkan 200 ribu posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) baru untuk lulusan baru atau fresh graduate di IKN. Rekrutmen ASN untuk IKN akan lebih ketat dibandingkan dengan rekrutmen biasa, lebih fokus pada anak muda yang memiliki keahlian digital. 

Pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap dan dengan pertimbangan yang matang. PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN sejak awal September 2022, termasuk konektivitas jaringan, penyediaan air baku, sanitasi, dan pembangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

Pembangunan infrastruktur dan gedung pemerintahan di KIPP menjadi pondasi utama dalam membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi di IKN.