Gelar Inspection Day Bulan K3 Nasional, PLN Tekankan Pentingnya Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

PLN melaksanakan acara Inspection Day yang hampir merata di seluruh Indonesia, sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk meningkatkan budaya K3 dalam bisnis ketenagalistrikan. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa pemenuhan tuntutan kecepatan layanan perlu disesuaikan dengan pemenuhan aspek K3. Adi Priyanto, sebagai pimpinan Inspection Day, menekankan prinsip keselamatan kerja harus menjadi tanggung jawab semua pegawai

Gelar Inspection Day Bulan K3 Nasional, PLN Tekankan Pentingnya Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Bulan K3 Nasional ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan kepatuhan atas keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pegawai serta mitra kerja PLN

balikpapantv.co.id,SURABAYA - PT PLN (Persero) melaksanakan acara Inspection Day dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Acara ini hampir merata di seluruh Indonesia dan merupakan bagian dari komitmen PLN untuk meningkatkan dan menjalankan budaya K3 dalam bisnis ketenagalistrikan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (2/02) di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan. 22 Unit Induk Distribusi serta Unit Induk Wilayah juga ikut serta dalam acara ini yang dipimpin langsung oleh Director Distribusi PLN Adi Priyanto. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa bisnis ketenagalistrikan memiliki risiko yang cukup tinggi, terutama pada aspek K3. Oleh karena itu, menjadikan aspek K3 sebagai kultur perusahaan merupakan salah satu prioritas bagi perusahaan.

"Bulan K3 Nasional ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan kepatuhan atas keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pegawai serta mitra kerja PLN," kata Darmawan.

PLN melakukan berbagai upaya untuk menerapkan prinsip zero accident di seluruh perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan digitalisasi proses bisnis dan pengelolaan aset di seluruh wilayah Indonesia. Langkah ini bertujuan untuk memastikan pengawasan dan check and balance yang efektif dalam operasionalnya. Sebelumnya, proses working permit dilakukan secara manual dan memakan waktu 2-3 hari.

 Hal ini mengakibatkan banyak tugas yang dilakukan tanpa working permit dan pengawasan, yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan kerja. Sekarang, dengan digitalisasi yang dilakukan oleh PLN, proses working permit dapat dilakukan secara online yang memastikan pemenuhan seluruh aspek K3 dan memungkinkan setiap tugas untuk dipantau dengan lebih efisien secara digital.

Darmawan mengungkapkan bahwa tuntutan pelanggan untuk kecepatan layanan terus meningkat seiring waktu. Menurutnya, pemenuhan tuntutan kecepatan perlu sejalan dengan pemenuhan aspek K3. Oleh karena itu, perusahaan harus menjaga keseimbangan antara kedua aspek tersebut agar tetap memberikan layanan yang cepat dan menjaga keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan dan masyarakat.

“Hari ini, pelanggan sudah semakin aware dan sekaligus mengapresiasi kualitas pelayanan PLN. Ke depan tuntutan layanan akan semakin tinggi. Tetapi tentu ini juga harus didukung kedisiplinan untuk menerapkan safety di lapangan. Ketika insan PLN menjalankan tugas dengan K3 yang terjamin, pelanggan akan merasakan kepuasan melalui layanan listrik yang berkelanjutan dan andal,” tegas Darmawan.

Ketika memimpin Inspection Day, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan sebuah komitmen bagi seluruh insan PLN untuk mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan. Adi juga memperlihatkan penghargaannya terhadap pegawai dan mitra kerja yang melakukan tugas mereka dengan kualitas terbaik dan tanpa kecelakaan kerja (zero accident). Ia menekankan prinsip kembali pulang dengan One Piece, yang berarti kembali dengan selamat dan sehat kepada keluarga di rumah.

"Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab bidang K3, melainkan harus menjadi tanggung jawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja," ujar Adi.

Inspection Day merupakan acara yang mencakup serangkaian kegiatan seperti sosialisasi dan edukasi mengenai keselamatan kerja untuk pegawai dan masyarakat, gerakan donor darah, apel K3, penanaman pohon produktif, senam pekerja sehat, seminar K3, dan program charity. Adi Priyanto sebagai pimpinan acara mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat diadakan secara rutin untuk memperkuat pengawasan dan implementasi K3 dalam pelaksanaan pekerjaan. Ia berharap bahwa acara ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja, baik di lingkungan internal maupun eksternal, dan membantu mengenalkan prinsip kehati-hatian dalam setiap implementasinya.