F1 Powerboat 2024 Akan Digelar di Danau Toba, PLN Siap Pasok Listrik Andal dari Energi Bersih

PT PLN (Persero) akan menyediakan listrik untuk kejuaraan dunia balap perahu F1 Powerboat (F1H20) pada tahun 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara. PT PLN (Persero) mengutamakan penggunaan sumber listrik ramah lingkungan sebagai bentuk dukungan aturan Green Sport Tourism. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN telah memiliki pengalaman menyukseskan perhelatan internasional dan memastikan keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi gelaran acara serta fasilitas pendukungnya. Listrik untuk acara ini tentu saja akan diperoleh melalui sumber Energi Baru Terbarukan

F1 Powerboat 2024 Akan Digelar di Danau Toba, PLN Siap Pasok Listrik Andal dari Energi Bersih
PLN telah memiliki pengalaman dalam menyukseskan perhelatan internasional dan siap memastikan keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi gelaran acara serta fasilitas pendukungnya

balikpapantv.co.id- PT PLN (Persero) akan memasok kebutuhan listrik untuk perhelatan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) 2024 yang akan digelar pada 2-3 Maret 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara. PT PLN (Persero) memiliki komitmen untuk mendukung green sport tourism dengan menggunakan sumber listrik ramah lingkungan untuk acara ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa Indonesia bangga menjadi tuan rumah perhelatan F1 Powerboat dan kolaborasi serta kerja sama yang dilakukan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu membawa Danau Toba dan Indonesia bersinar di mata dunia. 

Luhut juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, terutama BUMN seperti PLN, yang mendukung agar perhelatan ini bisa sukses. Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, juga menjelaskan bahwa sinergi BUMN menjadi salah satu pendukung acara kelas internasional ini dan PT PLN (Persero) menyediakan listrik yang paling baik untuk menyukseskan gelaran internasional ini.

"Kita kolaborasi dan kerja sama sehingga kita bisa menjadi penyelenggara yang terbaik. Danau Toba jadi mendunia dan ini merupakan support dari seluruh teman-teman BUMN, salah satunya PLN yang telah menyediakan listrik dengan optimal," kata Tiko.

Dalam mendukung seluruh ajang internasional yang dihelat di Indonesia, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN berkomitmen penuh. PLN telah memiliki pengalaman dalam menyukseskan perhelatan internasional dan siap memastikan keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi gelaran acara serta fasilitas pendukungnya.

"Ajang-ajang internasional menjadi wajah Indonesia di mata dunia. Untuk itu kami siap mengamankan kelistrikan di lokasi gelaran F1 Powerboat, termasuk lokasi fasilitas pendukungnya,” ungkap Darmawan.

Darmawan Prasodjo optimis bahwa perhelatan F1 Powerboat tahun 2024 yang akan diikuti oleh 20 pembalap dari 12 negara akan berlangsung sukses seperti tahun lalu. Seperti tahun sebelumnya, listrik untuk acara ini akan dipasok dari sumber Energi Baru Terbarukan (EBT), yaitu pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Hutaraja dengan kapasitas 2×2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW. Acara ini juga diharapkan dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia di mancanegara sekaligus meningkatkan perekonomian para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Danau Toba.

"Kesuksesan pelaksanaan F1 Powerboat tahun lalu menjadi bekal kami untuk menyukseskan F1 Powerboat 2024 ini dengan memastikan persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik," ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Saleh Siswanto, mengonfirmasi bahwa infrastruktur kelistrikan untuk ajang F1 Powerboat 2024 telah siap, mulai dari venue utama, penginapan yang akan dipergunakan oleh pembalap dan pengunjung, hingga lokasi strategis lainnya. PLN juga telah memastikan jalur-jalur distribusi listrik yang akan memasok acara tersebut dalam kondisi prima. PLN akan melaksanakan apel siaga dan simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi kegiatan untuk memastikan seluruh persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik.

"PLN akan menerapkan pengamanan berlapis selama pergelaran acara tersebut berlangsung dan apel siaga sekaligus memastikan seluruh persiapan dan sistem pengamanan kelistrikan berjalan dengan baik pada minggu ketiga bulan Februari 2024,” kata Saleh.