Ekspor Nonmigas Kalimantan Timur Ke Uni Eropa Tembus 494,51 Juta Dolar

Ekspor berbagai komoditas nonmigas ke sejumlah negara yang tergabung dalam Uni Eropa sebesar 494,51 juta dolar AS, setara dengan Rp7,41 triliun dengan rata-rata kurs Rp15 ribu per dolar.

Ekspor Nonmigas Kalimantan Timur Ke Uni Eropa Tembus 494,51 Juta Dolar
Berbagai komoditas nonmigas yang diekspor selama kurun waktu Januari hingga November 2023 meliputi bahan bakar mineral, bahan kimia anorganik, bahan kimia organik, lemak dan minyak hewani atau nabati, aneka produk kayu, kayu dan barang dari kayu, olahan makanan hewan, ikan dan hewan air lainnya.

balikpapantv.co.id- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, Yusniar Juliana, mengungkapkan bahwa provinsi tersebut berhasil mengekspor berbagai komoditas nonmigas ke sejumlah negara yang tergabung dalam Uni Eropa sebesar 494,51 juta dolar AS, setara dengan Rp7,41 triliun dengan rata-rata kurs Rp15 ribu per dolar.

Yusniar Juliana menambahkan bahwa ekspor nonmigas tersebut berhasil dicapai dalam kurun waktu hampir satu tahun, yakni dari Januari hingga November 2023. Rincian negara-negara di Uni Eropa yang menjadi tujuan ekspor antara lain ke Kroasia senilai 29,4 juta dolar, ke Spanyol sebesar 165,38 juta dolar, ke Italia 93,07 juta dolar, dan ekspor ke negara lainnya di Uni Eropa senilai 206,66 juta dolar AS.

Yusniar Juliana menjelaskan bahwa ekspor nonmigas senilai 494,51 juta dolar AS ke Uni Eropa mengalami penurunan signifikan hingga mencapai minus 37,64 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 792,97 juta dolar AS dari Januari hingga November 2022.

Ia menambahkan bahwa penurunan ekspor tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi geopolitik dunia seperti perang antara Rusia dan Ukraina serta perang antara Israel dan Palestina.

"Sedangkan secara keseluruhan, ekspor nonmigas dari Kaltim ke semua negara tujuan periode Januari-November 2023 mencapai 2,26 miliar dolar AS," katanya.

Berdasarkan data dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim, Yusniar Juliana, berbagai komoditas nonmigas yang diekspor selama kurun waktu Januari hingga November 2023 meliputi bahan bakar mineral, bahan kimia anorganik, bahan kimia organik, lemak dan minyak hewani atau nabati, aneka produk kayu, kayu dan barang dari kayu, olahan makanan hewan, ikan dan hewan air lainnya.

Yusniar Juliana menambahkan bahwa total ekspor nonmigas selama periode yang sama mencapai 22,26 miliar dolar AS. Bahan bakar mineral menjadi komoditas dengan nilai ekspor tertinggi, khususnya karena ekspor batu bara yang mencapai 18,35 miliar dolar AS.

"Ekspor bahan bakar mineral ini memberikan kontribusi paling tinggi terhadap total ekspor Kaltim di periode tersebut, yakni mencapai 82,48 persen," katanya.