Darmawan Prasodjo Terpilih sebagai The Best Industry Marketing Champion 2023
Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari upaya transformasi bisnis PLN yang telah dilakukan dalam tiga tahun terakhir. Transformasi digital dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile.

balikpapantv.co.id,JAKARTA- Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), telah meraih penghargaan The Best Industry Marketing Champion 2023 pada sektor Infrastruktur & Utilities pada ajang Marketeer of The Year 2023. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi luar biasa Darmawan dalam memimpin inovasi dan transformasi digital di PLN, sehingga mencatatkan kinerja terbaik sepanjang sejarah.
Hermawan Kartajaya, pendiri dan Ketua Mcorp sekaligus Dewan Juri dari ajang tersebut, mengatakan bahwa MarkPlus bersama Indonesia Marketing Association (IMA) memberikan penghargaan kepada mereka yang terbaik di bidangnya dan mampu memberikan dampak langsung kepada masyarakat.
"Kami secara konsisten mengakui dan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pemasaran yang prestisius dan dihormati di Indonesia yang telah menunjukkan semangat pemasaran yang patut dicontoh sekaligus memberikan dampak yang signifikan. baik terhadap kinerja bisnis perusahaannya maupun masyarakat luas, melalui Industry Marketing Champion," ujar Hermawan dalam acara penghargaan yang digelar MCorp, di Jakarta (7/12).
Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari upaya transformasi bisnis PLN yang telah dilakukan dalam tiga tahun terakhir. Transformasi digital dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile.
Darmawan juga menyatakan bahwa PLN telah melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, seperti melalui aplikasi PLN Mobile yang menyediakan seluruh layanan perusahaan untuk dapat dimanfaatkan oleh pelanggan.
Transformasi digital di PLN, menurut Darmawan, membawa perubahan paradigma dan cara kerja yang semakin responsif dan produktif, serta memudahkan pelanggan dari proses bisnis yang sebelumnya dinilai rumit menjadi ringkas dan cepat. Selain meningkatkan pendapatan, transformasi ini mencapai efisiensi operasional dan keuangan yang luar biasa selama dua tahun berturut-turut.
"Dapat kita lihat jumlah pelanggan kami meningkat sekitar 3 juta pelanggan di sampai november 2023 menjadi 88,8 juta dari sebelumnya sebanyak 85,6 juta. Selain itu, antusiasme dan kepuasan pelanggan juga terlihat dari peningkatan yang signifikan pqda jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile yang meningkat drastis dari 500 ribu menjadi lebih dari 73,9 juta, serta rating aplikasi yang juga melonjak dari 2,5 menjadi 4,9, dari skala 5 menunjukkan penerimaan positif dari para pengguna," ujar Darmawan.
Darmawan mengakui bahwa prestasi PLN tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan di seluruh Indonesia dan juga dukungan dari pemerintah. Ia pun menghaturkan penghargaan kepada seluruh insan PLN yang telah berjuang keras untuk meraih prestasi tersebut.
“Penghargaan tersebut juga tak lepas dari arahan Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus bertransformasi. Peran aktif dari kementerian terkait lainnya juga menjadi pemecut semangat kami dalam bekerja keras untuk membuat PLN semakin membaik,” tutup Darmawan.(ADV)