Dari Panggung ke Parlemen,Kisah Artis-Artis Nyaleg di Pemilu 2024

Sejumlah artis diusung partai politik untuk maju ke pemilihan legilatif di Pemilu 2024.Mereka diusung untuk mendongkrak elektabilitas partai di Pemilu 2024.Tapi tak semua lewat jalur kepartaian. Komedian Komeng misalnya yang maju lewat jalur DPD dengan daerah pemilihan Jawa barat yang viral karena foto nyelenehnya di kertas suara DPD RI.

Dari Panggung ke Parlemen,Kisah Artis-Artis Nyaleg di Pemilu 2024

balikpapantv.co.id- Melly Goeslaw mencoba menarik hati masyarakat dalam Pemilu Legislatif yang diadakan pada 14 Februari 2024, dan tampaknya usahanya tersebut berhasil terlihat. Melly Goeslaw meraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif untuk daerah pemilihan Jawa Barat I, yang mencakup Kota Bandung dan Kota Cimahi, jauh mengalahkan calon lain dari Partai Gerindra. 

Berdasarkan hasil perhitungan sementara pada website KPU, Melly Goeslaw berhasil mengumpulkan 10.131 suara, sementara caleg Gerindra lainnya harus puas dengan peringkat berikutnya. Walau demikian, angka tersebut masih bisa berubah dalam beberapa hari ke depan karena hanya sekitar 11,15 persen suara yang masuk dalam perhitungan real count KPU. 

Melly Goeslaw mengakui dirinya deg-degan menunggu hasil penghitungan dari KPU, dan tidak hanya dirinya, caleg lainnya juga menantikan hasil penghitungan suara dengan tak sabar.

"Caleg-caleg lagi pada panas dingin ya nunggu hasil suara. Alhamdulillaah saya mah sudah dapat penghargaan the best zumba, lumayan lah ya," tulis Melly Goeslaw.

Tidak hanya Melly Goeslow,sang comedian Alfiansyah Bustami Komeng, atau yang lebih dikenal sebagai Komeng, berhasil mendapatkan lebih dari 700.000 suara dalam pemilihan legislatif untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Provinsi Jawa Barat, dan angka tersebut belum final. 

Data tersebut tercatat di situs resmi KPU pada Jumat pukul 10.19 WIB, namun jumlah penghitungan suara baru mencapai 39,49 persen, yang terkumpul dari 55.471 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 140.457 TPS di seluruh Indonesia. Saat ini, Komeng memimpin dengan perolehan suara sebesar 10,04 persen dan mengungguli 54 calon lainnya untuk daerah pemilihan Provinsi Jawa Barat. Banyak suara untuk Komeng diambil dari Bogor (124.999 suara), Sukabumi (49.552 suara), dan Kota Bandung (42.118 suara). Komeng, seorang anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI), dengan perolehan suara lebih dari 700 ribu orang ternyata masih unggul jauh dari calon legislatif lainnya. 

Selain cerita foto profil surat suaranya yang viral di media sosial, mantan pembawa acara "Spontan" ini juga berbicara mengenai visi dan misinya dalam menjadi anggota DPD. Menurut Komeng, salah satu dari misinya adalah untuk mewujudkan aspirasi para seniman di Indonesia. Meskipun demikian, banyak orang yang terkejut ketika melihat penampilan unik dan jenaka Komeng pada surat suaranya, padahal dia tidak melakukan kampanye baik secara langsung maupun melalui baliho.

“Saya bisa mencontoh dari negara Korea Selatan, dengan seni budayanya dia bisa mengalahkan negara-negara lain, lewat seni budaya, drakor (drama Korea), K-pop, dan kulinernya juga, bahkan pemasukan ke APBN negaranya hampir 12 digit,” imbuhnya. 

Selain itu ada nama Penyanyi Bebizie Sri Mulyati yang sementara unggul dalam perolehan suara dibandingkan dengan caleg-caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan DKI Jakarta 3 dalam pemilihan kursi DPRD Provinsi, menurut hasil penghitungan sementara di laman website KPU. Dengan nomor urut 2 di daerah pemilihan tersebut, Bebizie telah mendapatkan 204 suara.

 Perolehan ini jauh lebih besar daripada caleg-caleg lainnya yang baru mendapatkan beberapa puluh suara saja. Dyah Hestu Lestari menempati peringkat kedua dengan 69 suara, dan di posisi ketiga adalah Riffan Adilah Ijlal dengan 68 suara. Angka ini masih bisa berubah karena penghitungan suara masih berlangsung dan baru memperhitungkan sekitar 1,28 persen suara yang masuk dari 2.422 TPS.

 Meskipun saat ini masih unggul, Bebizie masih enggan berkomentar banyak karena banyak data yang belum terhitung di laman website KPU. Di depan pengikutnya di Instagram Story, Bebizie memperlihatkan foto dirinya menang di TPS 102 dengan jumlah suara sebanyak 30. Selain itu, dia juga memperlihatkan hasil foto dengan perolehan suara sah sebesar 92 suara.

Nama artis senior Arzeti Bilbina juga mewarnai pileg 2024, dirinya seorang artis yang menjadi caleg untuk daerah pemilihan Jawa Timur I melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), berpotensi untuk terpilih kembali sebagai anggota DPR RI untuk periode ketiga.

 Arzeti Bilbina berhasil mendapatkan suara terbanyak nomor dua di antara caleg-caleg PKB yang ada di Jawa Timur I, dengan Syaikhul Islam menempati posisi pertama dengan perolehan suara sementara mencapai 7.272. Arzeti Bilbina mendapat peringkat kedua dengan perolehan suara sebanyak 6.812, dan peringkat ketiga dipegang oleh Achmad Wahyuddin. 

Data tersebut masih dapat berubah dengan cepat dalam beberapa hari ke depan mengingat jumlah suara yang masuk baru 3,66 persen dari total 13.733 TPS. Arzeti Bilbina mencoblos bersama suaminya, Aditya Setiawan, di TPS 9 Perumahan Istana Mentari Desa Cemengkalang, Sidoarjo, Jawa Timur, pada pemilu serentak pada Rabu (14/2). Arzeti Bilbina merasa senang karena tingkat partisipasi masyarakat terbilang tinggi dalam pemilu kali ini.