Bupati Kutai Timur Resmikan Pasar Hewan dan Panen Pendet di Kecamatan Teluk Pandan

Dengan adanya pasar hewan yang telah diresmikan, tidak hanya memenuhi kebutuhan daerah sendiri, tetapi juga sebagai penopang ketahanan pangan di Kalimantan Timur terutama di Kutai Timur.Dan Inseminasi buatan juga terus digalakkan oleh pemerintah, sehingga diharapkan dapat membantu mengatasi kendala-kendala yang masih dihadapi oleh para peternak

Bupati Kutai Timur Resmikan Pasar Hewan dan Panen Pendet di Kecamatan Teluk Pandan
Bupati kutai timur meresmikan perencanaan pasar ternak di Kecamatan teluk pandan

Balikpapantv.co.id, TELUK PANDAN – Pada Kunjungan kerjanya di Desa Sukarahmat Kecamatan Teluk Pandan pada hari Selasa (05/12/2023) lalu, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman melakukan panen pedet sekaligus meresmikan pasar hewan ternak.

Bupati Kutai Timur ini mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu bentuk peternakan mandiri, meskipun sempat terkendala oleh PMK beberapa waktu lalu. Namun, inovasi inseminasi buatan yang dikembangkan oleh pemerintah membawa banyak keberkahan bagi para peternak.

Dengan mengendalikan ternak sendiri, para peternak dapat menyiapkan dan mengolah pakan ternaknya sendiri, dan bahkan bisa melakukan penyuntikan saat hewan betina birahi. Ilmu yang diberikan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur kepada para petani dan peternak diharapkan bisa membuat para petani lebih paham dengan teknik-teknik peternakan yang lebih modern.

“Jadi ilmu yang diberikan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kutim, Insyaallah petani paham,” ucap Ardiansyah.

Selain itu, dengan adanya pasar hewan yang telah diresmikan, tidak hanya memenuhi kebutuhan daerah sendiri, tetapi juga sebagai penopang ketahanan pangan di Kalimantan Timur terutama di Kutai Timur.Dan Inseminasi buatan juga terus digalakkan oleh pemerintah, sehingga diharapkan dapat membantu mengatasi kendala-kendala yang masih dihadapi oleh para peternak

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur juga terus memperhatikan pengolahan pakan ternak untuk para peternak, seperti disediakan mesin pecah pakan yang sudah didistribusikan ke Poktan. Semua ini dilakukan agar para peternak bisa lebih mandiri dan mampu mengontrol kualitas pakan dan kondisi ternak mereka sendiri

“Pemkab Kutim tetap memperhatikan pengolahan pakan ternak untuk para peternak. Seperti mesin pecacah pakan sudah didistribusikan ke poktannya,” kata Ardiansyah.

Ia  berharap para peternak di Teluk Pandan bisa terus bersemangat dalam mengembangkan inseminasi buatan. Terlebih lagi, inovasi peternakan tidak hanya diramaikan oleh petani-petani tua, sebab kini banyak juga peternak muda dari generasi milenial yang melakukan inovasi dan pengembangan peternakan.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan hadiah kontes sapi serta serah terima bantuan sapi kepada Kelompok Tani. Selain itu, bibit rumput pakchong diserahkan kepada tiga Kelompok Tani, yaitu Sumber Pangan, Sempayang, dan Tunas Harapan dan terakhir, kloning madu kelulut diberikan kepada Kelompok Tani Mandiri (ADV DISKOMINFOPERSTIK 115).