BI Kaltim Berikan Beasiswa ke Enam Perguruan Tinggi

Dalam rangka pengembangan kapasitas SDM unggul di daerah, BI melalui Program Dedikasi Untuk Negeri sejak tahun 2011 telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 35.000 mahasiswa dari 187 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk di Kaltim

BI Kaltim Berikan Beasiswa ke Enam Perguruan Tinggi
BI Kaltim mendukung pengembangan GenBI untuk dapat mencapai tiga pilar, pertama adalah menjadi garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum

Senin 22 Mei 2023,15:48 WITA

BI Kaltim memberikan beasiswa ke enam perguruan tinggi

Muhammad Rizki (Pendidikan/Kaltim)

balikpapantv.co.id, SAMARINDA - Kaltim memberikan beasiswa kepada enam perguruan tinggi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan beasiswa kepada enam perguruan tinggi di daerah setempat bagi 300 lebih mahasiswa penerima guna membantu menuntaskan pendidikan mereka.

“Sebanyak enam perguruan tinggi tersebut terdiri dari empat universitas dan dua politeknik,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltim Hendik Sudaryanto di Samarinda. 

Empat universitas itu adalah Universitas Mulawarman Samarinda, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Universitas Widya Gama Mahakam, dan Universitas Kutai Kartanegara, kemudian dua politeknik yaitu Politeknik Negeri Samarinda dan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, katanya, BI hadir melalui rangkaian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang terdiri atas tiga pilar utama yakni mendukung peningkatan kapasitas ekonomi dan UMKM, mendorong kepedulian sosial, serta mengembangkan SDM unggul melalui beasiswa serta vokasi.

“Dalam rangka pengembangan kapasitas SDM unggul di daerah, BI melalui Program Dedikasi Untuk Negeri sejak tahun 2011 telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 35.000 mahasiswa dari 187 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk di Kaltim,” kata Hendik.

Mahasiswa yang mendapat beasiswa BI ini selanjutnya akan bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang merupakan kelompok di bidang sosial kemasyarakatan.

Menurutnya, salah satu hal menarik dari beasiswa BI tidak hanya bertujuan memberikan dukungan secara finansial, tetapi juga terdapat serangkaian program pengembangan sehingga dapat menjawab tantangan pemenuhan generasi muda.

Melalui berbagai program ini, maka anggota GenBI dibimbing hingga memiliki kompetensi dalam berbagai bidang keilmuan melalui kegiatan capacity building, workshop, leadership camp, dan sejumlah kegiatan lainnya.

“BI Kaltim mendukung pengembangan GenBI untuk dapat mencapai tiga pilar, pertama adalah menjadi garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum,” katanya.

Kedua, GenBI diharapkan dapat menjadi change agent yaitu agen perubahan dengan menjadi teladan di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Kemudian yang ketiga adalah menjadi pemimpin masa depan atau pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan.