Baru Capai 8,7 Persen, Menteri KP Menargetkan 30 Persen Kawasan Konservasi Perairan di Indonesia pada 2045

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berkomitmen untuk menjaga kawasan konservasi di Indonesia dan mencapai target 30 persen dari luas perairan Indonesia pada tahun 2045. Luas kawasan konservasi di perairan Indonesia saat ini mencapai 28,9 juta hektare (Ha), yang harus diperluas untuk mencapai target itu. 

Baru Capai 8,7 Persen, Menteri KP Menargetkan 30 Persen Kawasan Konservasi Perairan di Indonesia pada 2045

balikpapantv.co.id- Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan, berkomitmen untuk menjaga kawasan konservasi di Indonesia. Pada tahun 2045, targetnya adalah mencapai 30 persen dari luas perairan Indonesia. Trenggono menjelaskan bahwa kawasan konservasi adalah ruang konservasi, yang harus diperluas agar target itu tercapai. Di Jakarta pada hari Senin (5/2), Trenggono menyatakan bahwa luas kawasan konservasi di perairan Indonesia saat ini mencapai 28,9 juta hektare (Ha). Ia menekankan bahwa kawasan konservasi adalah kawasan penting sebagai titik awal dalam upaya menjaga sumber daya perikanan yang lestari.

"Ini adalah wilayah penting untuk keberlanjutan karena dalam wilayah konservasi menjadi tempat pemijahan ikan secara alami dan tidak boleh dilewati kapal penangkap ikan maupun kapal niaga," paparnya.

Dalam forum bisnis Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengundang Duta Besar Filipina karena ia menganggap kawasan konservasi di Filipina lebih baik. Trenggono ingin belajar lebih lanjut dari pemerintah Filipina. Ia menyatakan bahwa kawasan konservasi tidak hanya berperan sebagai tempat pemijahan ikan, tetapi juga menyerap karbon lima kali lebih tinggi daripada di daratan.

Trenggono meminta jajarannya dan pemerintah daerah untuk memastikan kawasan konservasi bebas dari aktivitas kapal laut untuk melindungi ekosistem di dalamnya dari kerusakan. Menurut Trenggono, luas kawasan konservasi di Indonesia mencapai 28,9 juta hektare atau sekitar 8,7 persen dari total luas perairan Indonesia yang mencapai 6,4 juta kilometer persegi. Kawasan konservasi ini mencakup berbagai potensi, seperti padang lamun sekitar 58 ribu Ha, terumbu karang sekitar 1,2 juta Ha, dan mangrove sekitar 211 ribu Ha, serta zona inti pemijahan ikan sebesar 30 persen. Oleh karena itu, Trenggono meminta secara serius kepada seluruh jajaran KKP dan pemerintah daerah untuk menjaga kawasan konservasi laut di seluruh Indonesia.