Balikpapan Televisi Mulai Gunakan Artificial Intelligence (AI), Televisi Lokal Yang Menuju Era Digitalisasi.

Penggunaan teknologi AI untuk presenter berita kedepannya bisa memberikan informasi yang cepat dan tepat serta akurat, selain itu juga dapat mengurangi biaya produksi.

Balikpapan Televisi Mulai Gunakan Artificial Intelligence (AI), Televisi Lokal Yang Menuju Era Digitalisasi.
Dengan penggunaan AI ini, menjadikan BTV sebagai stasiun TV lokal pertama di regional Kalimantan yang melakukan terobosan ini

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN- Hantaman kemajuan teknologi pada ponsel telah memberikan pilihan dan kemudahan bagi umat manusia, yang masih dianggap sebagai ancaman fungsi dari media konvensional termasuk televisi sebagai media elektronik penyedia informasi dan hiburan.

Tidak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju, PT. Balikpapan Televisi mengambil peluang dalam penerapan teknologi dari penggunaan media untuk kemudahan penyebaran informasi.

Di pertengahan tahun 2023 ini Balikpapan Televisi (BTV) dengan tagline Satu Yang Beda, benar-benar memberikan warna baru pada media elektronik lokal Kalimantan dengan penggunaan presenter AI di platform media sosial Instagram.

Dengan penggunaan AI ini, menjadikan BTV sebagai stasiun TV lokal pertama di regional Kalimantan yang melakukan terobosan ini, meski demikian  berita-berita yang disajikan tetap dibuat oleh para jurnalis.

Penggunaan teknologi AI untuk presenter berita kedepannya bisa memberikan informasi yang cepat dan tepat serta akurat, selain itu juga dapat mengurangi biaya produksi sekaligus melakukan perluasan jaringan siaran ke daerah-daerah sebagai penyedia informasi bagi masyarakat.

Meskipun baru tampil di Instagram @balikpapan_televisi sebagai program percobaan dengan nama program "  NEWSBOT " (New Era With Scientific and Robotic) untuk menyampaikan informasi berita terkini kapanpun dimanapun kedalam genggaman pemirsa Balikpapan Televisi berada yang tentunya disaksikan melalui smartphone. Kedepannya "Newsbot" teknologi AI ini dapat digunakan untuk tayangan berita di televisi seperti halnya breaking news dan ringkasan berita pilihan selama satu minggu.

Teknologi AI yang digunakan sebagai penyiar berita BTV diantaranya dengan mengcloning beberapa wajah karyawan BTV seperti halnya Wiji Winarko, Rizky Aditya, Cakra Agung dan Imam Iskandar.

Penggunaan AI untuk presenter sebenarnya bukanlah hal baru di dunia pertelevisian, ada sejumlah stasiun berita televisi yang menggunakan AI untuk kepentingan penyiaran berita di antaranya seperti stasiun Al Jazeera di Qatar, BBC di Amerika Serikat, Kuwait News di Kuwait dan TV One.

Dampak positif dari penggunaan teknologi AI barangkali tidak hanya terbatas di bidang industri penyiaran berita saja, seperti penggunaan presenter AI. Berbagai bidang yang sangat bergantung pada penggunaan teknologi tampaknya akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi AI. Meskipun masih dihadapkan pada sejumlah tantangan, perkembangan teknologi AI di BTV menjadi berita menarik untuk ditunggu.