Balikpapan Fest 2023 Kembali Meriahkan Kota dengan Beragam Kegiatan dan Kesenian Ziva Magnolja

Di Balikpapan Fest 2023, pengunjung akan dapat menikmati berbagai kekayaan budaya Indonesia melalui pertunjukan seni dan budaya yang mengesankan.

Balikpapan Fest 2023 Kembali Meriahkan Kota dengan Beragam Kegiatan dan Kesenian Ziva Magnolja
Balikpapan Fest 2023 mengajak semua pihak untuk merayakan dan memperkuat keanekaragaman budaya, dengan mempromosikan warisan budaya di Kalimantan dan khususnya di kota Balikpapan

balikpapantv.co.id,BALIKPAPAN- Disporapar Kota Balikpapan mengadakan acara Balikpapan Fest 2023 pada tanggal 20-23 Oktober di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome. Menurut Ratih Kusuma, Kepala Disporapar Kota Balikpapan, kegiatan ini melibatkan industri kreatif lokal.

 “Kegiatan ini kami hadirkan lagi di tahun ini,” katanya.

Sesuai pendapatnya, Balikpapan Fest sudah menjadi salah satu acara nasional yang menarik perhatian Kementerian Pariwisata RI dan termasuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.
"Balikpapan Fest 2023, yang merupakan edisi keempat penyelenggaraannya, mengambil tema "World Cultural Diversity in Nusantara," untuk menyambut kehadiran Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur dan juga kesiapan Balikpapan sebagai kota penyangga IKN," jelasnya, Selasa (17/10) saat konfrensi pers di Plaza Balikpapan.

Dia menjelaskan bahwa di Balikpapan Fest 2023, pengunjung akan dapat menikmati berbagai kekayaan budaya Indonesia melalui pertunjukan seni dan budaya yang mengesankan. Dia juga menjelaskan bahwa pada Hari Pertama atau Pembukaan Acara, akan ditampilkan berbagai pertunjukan budaya seperti solo tari, Color Guard Mathilda, dan medley Tari Kolosal Nusantara Mancanegara oleh Lely Monsterga.

Acara Fashion Festival akan menjadi highlight pada hari kedua Balikpapan Fest 2023, menampilkan peragaan busana batik, kostum tradisional, dan kostum mancanegara dari 11 desainer yang masing-masing menampilkan 5 karya busana. Desainer yang terlibat termasuk Ellis Gown, Sherlita Wahjono, Hharum, Lita One, Jesthink, Javabor, Primas G Prihanta x Azalea, Dekranasda by Griya Godong, Dekranasda by Iwatik, Dekranasda by Kelubut, dan Harukareh by SMKN 4 Balikpapan. Selanjutnya, Extraordinary Night akan menjadi highlight penutupan Balikpapan Fest 2023, diisi oleh talent lokal seperti Band Teras Kaca, DJ Aditrea, dan pertunjukan Tari Kreasi Nusantara Modern oleh Lely Monsterga. Bintang tamu spesial Ziva Magnolja, juara Indonesian Idol Season 10, akan menjadi line-up utama dalam acara penutupan Balikpapan Fest 2023. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati Festival Kuliner dari 70 tenan yang menyediakan hidangan khas. Balikpapan Fest 2023 mengajak semua pihak untuk merayakan dan memperkuat keanekaragaman budaya, dengan mempromosikan warisan budaya di Kalimantan dan khususnya di kota Balikpapan. Harga tiket untuk melihat penampilan Ziva adalah Rp99 ribu.