Asik Bebas !!!,632 Warga Binaan Pemasyarakatan Kaltimtara Dapat Hadiah Remisi Natal,6 Warga Binaan Langsung Bebas Dari Jeruji

Pada Hari Natal 2023, Pemerintah memberikan remisi khusus kepada 15.922 narapidana yang terdiri dari Remisi Khusus II pengurangan sebagian sebanyak 15.823 orang dan Remisi Khusus II sebanyak 99 orang yang dinyatakan langsung bebas. Selain itu, 146 orang anak binaan menerima Pengurangan Masa Pidana, terdiri dari Pengurangan Masa Pidana I sebanyak 142 orang dan Pengurangan Masa Pidana II sebanyak 4 orang yang dinyatakan langsung bebas. Dari Kanwil Kemenkumham Kaltim sendiri, terdapat 632 Warga Binaan yang menerima Remisi Hari Natal, terdiri dari 626 orang Remisi Khusus.

Asik Bebas !!!,632 Warga Binaan Pemasyarakatan Kaltimtara Dapat Hadiah Remisi Natal,6 Warga Binaan Langsung Bebas Dari Jeruji
Pemerintah memberikan remisi khusus kepada 15.922 narapidana

balikpapantv.co.id,SAMARINDA- Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Gun Gun Gunawan, memimpin Penyerahan Remisi Khusus dan Pengurangan Masa Pidana Khusus pada perayaan Natal 2023 dengan tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" di Rutan Kelas IIA Samarinda. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Heri Azhari, dan stakeholder terkait, serta diikuti secara virtual oleh seluruh UPT di jajaran Pemasyarakatan di luar Kota Samarinda. Perayaan Natal dimeriahkan dengan tari-tarian persembahan dari Warga Binaan Pemasyarakatan, doa bersama, dan acara pemberian remisi khusus bagi narapidana dan pengurangan masa pidana khusus bagi anak binaan nasrani.

Dalam amanatnya, Kakanwil membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, yang menyatakan bahwa pemberian remisi adalah salah satu indikator pelaksanaan pembinaan di dalam Lapas/Rutan/LPKA yang merupakan unsur pemenuhan hak bagi Warga Binaan yang dilindungi oleh undang-undang.

“Remisi tentunya diberikan kepada Warga Binaan yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif, dan yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” Jelasnya.

Pria yang akrab disapa "Pak Gun" juga menyatakan harapannya bahwa dengan disahkannya Undang-Undang Pemasyarakatan yang baru, setiap orang di masa depan akan diperlakukan secara sama dan tidak ada diskriminasi terhadap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan. Ia meminta Warga Binaan agar membuktikan bahwa mereka telah berubah selama masa pembinaan di dalam Lapas.

Pada Hari Natal 2023, Pemerintah memberikan remisi khusus kepada 15.922 narapidana yang terdiri dari Remisi Khusus II pengurangan sebagian sebanyak 15.823 orang dan Remisi Khusus II sebanyak 99 orang yang dinyatakan langsung bebas. Selain itu, 146 orang anak binaan menerima Pengurangan Masa Pidana, terdiri dari Pengurangan Masa Pidana I sebanyak 142 orang dan Pengurangan Masa Pidana II sebanyak 4 orang yang dinyatakan langsung bebas. Dari Kanwil Kemenkumham Kaltim sendiri, terdapat 632 Warga Binaan yang menerima Remisi Hari Natal, terdiri dari 626 orang Remisi Khusus I dan 6 orang Remisi Khusus II.

Mantan Kepala Divisi Pemasyarakatan Bali mengucapkan selamat kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menerima remisi atau pengurangan masa pidana, serta mempersembahkan ucapan selamat dalam rangka merayakan Hari Natal Tahun 2023.

“Jadilah insan dan pribadi yang baik dengan hidup dalam tata nilai kemasyarakatan yang baik dan berkontribusi secara aktif dalam pembangunan untuk melanjutkan perjuangan hidup, kehidupan dan penghidupan sebagai warga negara,” tutupnya.

Setelah acara pemberian remisi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata hasil karya dari Warga Binaan Pemasyarakatan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim dan Kepala Divisi Pemasyarakatan.