64 Usulan Masyarakat Terakomodasi dalam Hasil Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur

Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur menghasilkan 64 usulan prioritas pembangunan fisik infrastruktur seperti jalan, drainase, gorong-gorong, jembatan, PJU, dan TPS. Camat Balikpapan Timur, Mustamin, berharap program-program tersebut dapat diwujudkan dan akan dikawal hingga tuntas untuk disepakati di tingkat Musrenbang Kota. Terdapat juga usulan pembangunan non-fisik. Usulan tersebut akan ditinjau oleh OPD terkait dan anggota legislatif untuk serapan aspirasi melalui pokok pikirannya.

64 Usulan Masyarakat Terakomodasi dalam Hasil Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur
Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur digelar di Asrama Haji Balikpapan dan menghasilkan 64 usulan prioritas pembangunan

balikpapantv.co.id, BALIKPAPAN-Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur digelar di Asrama Haji Balikpapan dan menghasilkan 64 usulan prioritas pembangunan yang akan diakomodasi ke jenjang selanjutnya. Camat Balikpapan Timur, Mustamin, berharap program-program tersebut dapat diwujudkan. Program-program prioritas pembangunan di lingkungan kelurahan yang diajukan masyarakat juga dibahas dalam musrenbang tersebut.

“Kita rangkum usulan rencana pembangunan di tingkat kelurahan. Tentunya usulan prioritas warga masyarakat di Kecamatan Balikpapan Timur akan dikawal hingga tuntas untuk disepakati di tingkat Musrenbang Kota,” ungkapnya.

Usulan dalam Musrenbang Kecamatan Balikpapan Timur masih memiliki banyak kekurangan dan harus dimasukkan ke dalam SIPD. Usulan tersebut akan ditinjau oleh OPD terkait dan anggota legislatif untuk serapan aspirasi melalui pokok pikirannya. Sebagian besar dari 64 usulan tersebut adalah pembangunan fisik infrastruktur seperti jalan, drainase, gorong-gorong, jembatan, PJU dan TPS. Meski juga ada beberapa usulan tidak terkait dengan fisik.

“Kelurahan Manggar yang terdiri dari 100 RT terdapat 21 usulan. Kelurahan Manggar Baru terdiri dari 15 usulan, Lamaru ada 13 dan Kelurahan Teritip berjumlah 15 usulan,” ungkapnya.

Camat Balikpapan Timur, Mustamin, menyampaikan bahwa ada banyak hal terkait perencanaan pembangunan dan inovasi yang akan dilakukan di kecamatan tersebut. Diantaranya adalah pemekaran Kelurahan Manggar, pembangunan puskesmas Manggar, dan renovasi kantor kecamatan yang dinilai kurang representatif. Usulan pelebaran Jalan Mulawarman dilakukan untuk mengurai kemacetan dan juga membuat drainase baru. Terdapat juga usulan untuk menangani titik banjir di Jalan Mulawarman, terutama di depan Duma Nusantara yang kerap tergenang banjir.

“Banyak program pembangunan maupun inovasi dari wilayah Timur ini yang diusulkan. Semoga wali kota dapat merespons. Mudahan perkembangan di wilayah Balikpapan Timur bisa dirasakan warga karena Baltim menjadi pintu gerbang IKN dan diharapkan menjadi semakin berkembang,” ujar Mustamin.